Logo
Pengurus Masjid Harus Mampu Membangun Umat Melalui Pemberdayaan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Pengurus Masjid Harus Mampu Membangun Umat Melalui Pemberdayaan

agam Rabu 01, Juni 2016 | 15:23:36 wib

Agam, (Inmas)--Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Agam Edi Zalman, S. Ag mengingatkan seluruh pengurus masjid untuk tidak hanya memperhatikan pembangunan Fisik Masjid semata. Namun juga harus membangun loyalitas dan kecintaan jamaah terhadap Masjid. Hal tersebut ia sampaikan pada kegiatan Rapat Koordinasi DMI Kabupaten Agam di Aula Kantor Kemenag Agam dihadiri 85 orang pengurus Masjid se Kabupaten Agam, Rabu (01/06).

Dalam arahannya Edi Zalman yang juga mewakili Kakan Kemenag berharap supaya pengurus Masjid mampu mengembangkan potensi-potensi di sekitar Masjid. Sebab di zaman Nabi Masjid sangat multifungsi. Ada fungsi Ekonomi dan kesejahteraan umat, ada fungsi sosial dan pendidikan, ada fungsi kesehatan dan Pertahanan serta beberapa fungsi lain yang intinya umat tidak bisa terlepas dari masjid.

“Bila pengurus masjid tidak responsif terhadap kebutuhan jamaah dan perkembangan zaman dan malah saling menyalahkan dan gontok-gontokan di dalam, maka tinggal menunggu waktu saja masjid sepi ditinggal jamaah. Kalau sudah begitu, masjid kehilangan peran dan fungsi di tengah-tengah umat”, kata Kasubbag TU Kemenag Agam tersebut.    

Senada dengan itu Bupati Agam diwakili Asisten III Mulyadi, SH mengatakan “Kita Bersyukur banyak masjid berdiri dengan megah dan Indah di Kabupaten Agam. Namun di balik itu semua merupakan tugas kita bersama untuk mengisi masjid-masjid yang indah dan mewah tersebut menjadi penuh dan sesak oleh jamaah. Baik pada shalat lima waktu maupun pada kegiatan-kegiatan lainnya. Masjid tanpa jamaah ibarat lampu tanpa cahaya”, ujar Mulyadi menekankan.

Ketua Panitia kegiatan Mursyidi menyampaikan bahwa peserta yang hadir pada kegiatan ini merupakan pengurus Masjid utusan 16 Kecamatan se Kabupaten Agam. Dari 525 masjid yang ada baru 85 orang yang bisa kita hadirkan. Itu sudah sangat banyak mengingat DMI tidak mempunyai anggaran.

“Kegiatan ini bisa terlaksana adalah atas kejasama DMI, Kemenag dan Baznas Kabupaten Agam. Kita berharap selepas kegiatan ini masing-masing pengurus masjid mempunyai visi kepengurusan yang jelas. Sehingga mampu membangun umat melalui masjid dan pemberdayaan jamaah melalui potensi-potensi yang ada”, katanya. Alwi|DW

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW