Logo
Diguyur Hujan, Lomba Nasyid Tetap Pukau Penonton - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Diguyur Hujan, Lomba Nasyid Tetap Pukau Penonton

adminrina Selasa 28, Juli 2015 | 07:00:00 wib

Padang, Inmas—Nasyid, satu dari delapan cabang lomba yang menjadi favorit Ajang Pentas PAI tingkat Sumatera Barat. Sampai sore ini, Selasa, (28/7) hampir seluruh cabang lomba telah selesai dilaksanakan. Malam ini cabang Cerdas Cermat tingkat SD dan SMP, Debat tingkat SMA/SMK memasuki babak final.

Sebelum penampilan peserta nasyid, pentas dikuasai wanita-wanita cantik peserta lomba karya kreasi busana muslimah. Setelah membuat sketsa dan mempresentasikan busana rancangannya, peserta harus memperagakan dan menjawab pertanyaan dewan juri yang diketuai Ketua DW Ny. Agrina Salman. Penampilan mereka tak kalah dengan model yang melenggok catewalk.

Namun penampilan peserta nasyid mengundang perhatian seluruh penonton yang memenuhi halaman Hotel Rasaki Padang ini. Walaupun lomba nasyid ini hanya diikuti lima tim utusan kab/kota, penampilan mereka sudah bisa mewakili Sumatera Barat ditingkat nasional di Bekasi 10 Agustus mendatang.

Ditengah berlangsung perlombaan yang mengundang decak kagum juri dan penonton ini, tiba-tiba turun hujan. Guyuran hujan sore tak mengganggu dan mengurangi kemeriahan perlombaan ini. Kakanwil bersama Kakan Kemenag Kota Sawahluto dan Kab. Solok yang sejak awal menyaksikan ini tetap bertahan sampai akhir perlombaan.

Kakanwil Kemenag H. Salman ketika diwawancara diakhir perlombaan mengakui nasyid salahsatu media dalam menyemarakkan syiar islam ditengah-tengah. masyarakat. “Syair Islam yang ada di dalam nasyid ini begitu cepat merasuk ke dalam jiwa kita. Sehingga nasyid bisa memotivasi kita untuk selalu berbuat baik dan berusaha meninggalkan hal-hal yang buruk, ungkap H. Salman yang juga suka seni ini.

“Ajakan yang disampaikan dalam nasyid merupakan dakwah islam. Oleh karenanya ajang Pentas PAI ini sangat penting dilaksanakan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik tentang pendidikan keagamaan terutama di sekolah umum. Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Bidang PAKIS dalam menanamkan Pendidikan Agama Islam bagi siswa melalui ajang ini”, katanya lagi.

Diakhir wawancara, Kakanwil berharap siswa yang berhasil menjadi pemenag bisa memberikan prestasi terbaik untuk Sumatera Barat dalam ajang pentas PAI Nasional di Bekasi awal Agustus mendatang. Rina_Risna

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW