Logo
Lantik PPIH, Wagub Minta Panitia Tingkatkan Koordinasi dan Layanan Jemaah - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Lantik PPIH, Wagub Minta Panitia Tingkatkan Koordinasi dan Layanan Jemaah

adminrina Selasa 19, Juli 2016 | 17:29:18 wib

Padang, Inmas—Menyongsong iven akbar penyelenggaraan Ibadah Haji 2016, Kementerian Agama bersama instansi terkait telah melaksanakan beberapa persiapan, mulai dari perekrutan sekaligus pembinaan petugas dan bimbingan Manasik. Hari ini, Selasa (19/7) Wakil Gubernur melantik PPIH Embarkasi Padang di Aula Makkatul Mukarramah, Asrama Haji Tabing Padang.

Pelantikan 23 orang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) ini dihadiri Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag RI, Hj. Sri Ilham Lubis, pimpinan instansi terkait dan Kakan Kemenag se Sumatera Barat. Tidak hanya pelantikan, dalam acara yang sama juga dilakukan meal test menu jemaah haji selama penerbangan oleh pihak Garuda.

Wakil Gubernur H. Nasrul Abit dalam sambutannya usai melantik PPIH menegaskan PPIH sudah mulai bekerja sejak dilantik, berhubung pemberangkatan tinggal beberapa hari lagi. Apa yang harus dilakukan terhadap jemaah haji kita dan apa yang dibutuhkan jemaah harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Panitia memiliki tanggungjawab terhadap penyelenggaraan dan pelayanan jemaah haji serta pembinaan jemaah haji, ungkap Wagub.

Dikatakan Wagub lagi, penyelenggaraan haji tanggungjawab bersama instansi terkait, mulai dari Kementerian Agama, Pemprov, Kesehatan, Imigrasi, Angkasa Pura dan Kepolisian, maka satusama lain harus melakukan koordinasi.

“Jangan sampai ada permasalahan, karena kita juga akan melayani jemaah haji dari provinsi lain. Saya juga sangat berharap mudah-mudahan ke depan Embarkasi kita semakin baik fasilitasnya. Untuk itu, kepada petugas saya berharap berikan pelayanan yang sebaik-sebaiknya kepada jemaah haji kita, berikan layanan dengan tulus dan ikhlas”, kata Wagub berharap.

Kakanwil Kemenag Sumbar yang juga Ketua PPIH, H. Salman memaparkan bahwa tahun ini Embarkasi Padang memberangkatkan lebihkurang 4.981 jemaah haji dalam sebelas kloter. Delapan Kloter Sumbar dan tiga Kloter jemaah Bengkulu, jumlah satu Kloter 450 tambah 5 petugas. Kloter I akan diberangkat 9 Agustus mendatang, 8 Agustus sudah masuk ke Asrama Embarkasi Haji Padang.

Besar harapan Kakanwil kepada petugas yang baru saja dilantik bersama-sama membantu dan melayani jemaah selama berada di Asrama Embarkasi Haji Padang. “Berikan pelayanan semaksimal mungkin kepada jemaah. Buat jemaah haji senyama mungkin sehingga mereka merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan petugas. Tingkatkan kerjasama dan mari sama-sama bekerja”, ungkap Kakanwil.

Sementara Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Hj. Sri Ilham Lubis salut dan mengapresiasi hubungan dan kerjasama antar Kemenag dan Pemprov sangat baik. Hubungan yang baik juga terjalin antar pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Dalam waktu dekat pemerintah Arab Saudi akan berkunjung ke Indonesia meninjau persiapan pelaksanaan haji, ungkap Sri.

Kepada petugas Hj. Sri juga berpesan panitia harus bisa menginventarisi semua kebutuhan jemaah. Mulai dari paspor, visa dan SPMA Calon Jemaah Haji (CJH). Dengan diberlakukannya e Hajj oleh pihak Arab Saudi maka paspor jemaah harus disiapkan lebih awal agar visa tidak terlambat. Bagi provinsi quota jemaah hajinya belum penuh, pelunasan masih dibuka untuk jemaah cadangan, papar Direktur.  

Di Penghujung acara pelantikan, Direktur, Kakanwil Kemenag dan pejabat terkait langsung melakukan mealtest terhadap menu jemaah haji selama dalam penerbangan di pesawat garuda Indonesia. RinaRisna

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW