Logo
Alqur'an Sahabat Masyarakat - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Alqur'an Sahabat Masyarakat

solok selatan Senin 20, Maret 2017 | 13:42:29 wib

Golden Arm, Inmas - lantunan ayat suci Alqur'an yang memecah keheningan Aula Quwwatul Ummah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok Selatan dalam kegiatan Lounching Gerakan Masyarakat Sahabat Alqur'an dan sekaligus Pembinaan Penyuluh Agama Honorer Senin 20 Maret 2017. Kegiatan ini dihadiri oleh Seluruh Penyuluh Agama Islam Honorer dan juga Siswa Siswi Madrasah yang akan menjadi garda terdepan dalam suksesnya program Masyarakat Sahabat Alqur'an ini.

Lounching Gerakan Masyarakat Sahabat Alqur'an dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Solok Selata, Kapolres Solok Selata, Pimpinan Perbankan yang ada di Solok Selatan, Ka. Kanwil Kemenag Sumatera Barat yang dalam hal ini dihadiri oleh Kabid Penais Zawa Bapak H. Maswar, dan Juga Ka Kankemenag Solok Selatan H. Syahrul selaku tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini.

Semakin jauh dari Alqur'an, semakin hancurlah generasi muda kita. Karena Alqur'an merupakan landasan berfikir dan perilaku umat Islam. Dengan adanya program ini, diharapkan lahirnya generasi dengan konsep Fikir dan Dzikir yang selalu memandu mereka dalam menjalani kehidupan, dan juga akan melahirkan generasi Alqurani dan Masyarakat Madani, kata H. Zulkifli Kasi Bimas Islam Kankemenag Solok Selatan dalam penyampaian laporan ketua pelaksana kagiatan ini. Selanjutnya H. Zul menambahkan Kegiatan Gerakan Masyarakat Sahabat Alqur'an menggunakan dua metode, yaitu One Day One Juz dengan fokus membaca Alqur'an, dan One Day One Line dengan fokus menghafal Alqur'an.

Selanjutnya Wakil Bupati Solok Selatan H. Abdurrahman menyebutkan keinginan yang sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Solok Selatan untuk Lima tahun kedepan yaitu, Menjadikan Kabupaten Solok Selatan Menjadi Masyarakat yang Madani dengan cara Memakmurkan Mesjid, dan Masyarakat Solok Selatan yang Cinta Alqur'an. Hal ini juga ditegaskan oleh Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria dengan semboyan Sejahtera dan Religius, dan kita Pemda Solok Selatan akan mencoba mendukung program ini secara perlahan dengan membuat PERDA terkait hal ini, dan mengadakan pengadaan Alquran untuk masyarakat dan Instansi dengan melihat ketersediaan dana yang ada.Tiada hari tanpa memegang HP, telah menjadi kesenangan banyak masyarakat kita, padahal alangkah lebih baiknya setiap hari memegang dan membaca Alqur'an, karena Alqur'an berisi berita-berita dari sang pencipta kita, sedikit sentilan bagi kita semua yang disampaikan H. Muzni menutup pembicaraannya dalam Lounching Gerakan Masyarakat Sahabat Alqur'an.

Dukungan pelaksanaan program ini juga disampaikan oleh H. Maswar Kabid Penais Zawa. Saat kita mempunyai program Masyarakat Maghrib Mengaji, tapi di Solok Selatan memberi kedekatan yang lebih dengan Gerakan Masyarakat Sahabat Alqur'an ini. Dengan sinergi nya Pemda dan Kankemenag Solok Selatan ini akan memberikan peluang perkembangan Agama Islam menjadi lebih baik, dan setiap masyarakat Muslim yang ada di Solok Selatan ini bisa membaca Alqur'an, kami dari Kawil Kemenag Sumbar sangat mendukung.

Dalam wawancara terpisah dengan Kasubbag TU Kab. Solok Selatan Mahadolok Ritonga menyampaikan jangan jadikan kegiatan ini sebagai pertama dan terakhir, tapi Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menciptakan masyarakat yang berakhlatulkharimah. Dengan berjalannya program ini akan menjadikan masyarakat Solok Selatan yang benar-benar Religius di bawah naungan Alqur'an, harapannya.

Betapa banyaknya kita saksikan saat ini, umat Islam yang hanya menjadikan Alqur'an sebagai pajangan lemari, Alquran yang seharusnya menjadi pegangan hanya terpampang indah sebagai hiasan. Padahal Alqur'an adalah sebuah kitab yang tidak ada tandingannya, yang kemudian disia-siakan oleh umat itu sendiri.

Berdasarkan hal itu, dalam wawancara yang dilakukan di ruang kerja H. Syahrul Ka. Kankemenag Solok Selatan menugaskan kepada seluruh Penyuluh Agama Islam di kabupaten Solok Selatan agar mensukseskan Gerakan Masyarakat Sahabat Alqur'an. Agar Alqur'an kembali menghiasi kehidupan masyarakat Islam setiap hari. Mari kita bersama-sama mendukung visi dan misi Pemda Solok Selatan, karena dalam bidang agama sudah menjadi kewajiban kita Kementerian Agama untuk membahasnya secara mendalam, tambahnya.

Mari mulai dari diri kita sendiri, keluarga, karib kerabat, tetangga, dan Mesjid di dekat rumah kita. Menjadikan Alqur'an sebagai sahabat masyarakat Solok Selatan, dapat mewujudkan Solok Selatan yang SERIUS "Sejahtera dan Religius", Insyaallah.(dori)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW