Logo
GURU PROPESIONAL DUNIA PENDIDIKAN MANANTIKAN KEHADIRAN MU - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

GURU PROPESIONAL DUNIA PENDIDIKAN MANANTIKAN KEHADIRAN MU

Mira Kamis 13, April 2017 | 08:18:33 wib

GURU PROPESIONAL DUNIA PENDIDIKAN MANANTIKAN KEHADIRAN MU

                    Oleh ;  Jamaril Tk. Mudo S.Ag

                   Guru MTsN Bungus Teluk Kabung Kota Padang

 

Guru adalah sebutan yang sangat tinggi dan mulia didunia pendidikan, karena guru adalah  sumber ilmu bagi peserta didiknya. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa guru adalah contoh teladan bagi peserta didik.

Kalau kita bicara tentang guru,  tampa disadari bahwa kita bicara tentang propesi yang tak asing lagi dalam dunia pendidikan. Bicara tentang pendidikan bahwa kita bicara tentang undang – undang pendidikan terutama unadang-undang pendidikan wajar 9 tahun. Bahwa semua anak bangsa Indonesia wajib mendapatkan pendidikan Sembilan tahun.

Dan untuk meningkatkan kualikas pendidikan maka pemerintah membuat suatu wacana yang disebut dengan kualifikasi guru sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik yang sesuai dengan mata pelajarannya masing-masing.

Untuk menjadi guru propesional yang dikejar-kejar oleh kebanyakan insan guru sekarang bukanlah persoalan yang mudah. Dan keliru kita kalau pengertian guru propesional hanya diterjemahkan mangajar 24 jam tatap muka yang tertulis dalam daftar pelajaran dan kemudian mendapat imbalan / gaji tambahan sebesar gaji pokok. Tapi lebih dari pada itu banyak hal yang harus kita penuhi sebagai guru propesional untuk pelaksanaan proses belajar mengajar. Sebab seorang guru propesional bukan hanya tugasnya mengajar, tetapi juga menyampaikan pendidikan yang akan merobah pola pikir seorang peserta didik kearah yang lebih baik.

Untuk  menjadi guru propesional banyak hal yang  harus dimiliki oleh seorang tenaga pendidik  yang akan penulis kemukakan melalui tulisan ini diantaranya;

  1. GURU PROPESIONAL HARUS MEMILIKI KEIKHLASAN YANG SANGAT SIKNIFIKAN,

Karena seorang guru kalau tidak mempuyai keikhlasan dalam menjalankan fungsi porpesinya, maka tidak akan tercapai hasil pendidikan sebagaimana yang diharapkan oleh dunia pendidikan, yang berkeinginan mencerdaskan anak bangsa dari kebodohan-kebodohan yang melilit dirinya. Berapa jampun seorang guru mengajar disekolah kalau unsur keikhlasan ia tidak ada,  maka hasil yang diinginkan oleh kurikulum ataupun cita-cita bangsa ini  tidak akan tercapai. Makanya guru propesional sangat dinantikan keikhlasannya untuk mendidik peserta didik disekolah dalam kondisi bangsa yang sangat terpuruk hari ini.

 

GURU PROPESINAL HARUS MEMILIKI KENCITAAN TERHADAP PROPESI YANG DIMILIKINYA.

Kita tahu bahwa propesi guru adalah propesi yang sangat mulia di dunia pendidikan dan di mata Allah pun guru adalah insan yang mulia dan akan ditinggikan derajatnya disisi Allah seperti yang dicerikan allah dalam surat al-Mujadalah ayat 11 yang bunyinya sebagai berikut,

“ sesungguhnya Allah mengangkat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan dengan beberapa derajat “ bahkan rasulullah juga berpesan “ bahwa apabila mati anak cucu adam maka putus segala amalnya kecuali tiga perkara diantara yang tiga itu adalah ilmu yang bermamfaat yang selalu diajarkan dan diamalkan”. Dan untuk mencapai hal yang demikian perlu adanya rasa kecintaan terhadap propesi yang dimiliki sahingga apa yang dilakukan untuk proses belajar mengajar tidak ada yang sulit dan berat karena sangat mencintai propesinya seorang tenaga pendidik yang propesional.

 

  1. GURU PROPESIONAL HARUS MEMILIKI KOLEKSI BUKU SEBAGAI REPERENSI UNTUK BAHAN

Seorang guru propesional harus memperbanyak koleksi buku,  dan buku tersebut bukan hanya dipajang dirumah dan dibiarkan begitu saja, tapi buku yang ada untuk menambah wawasan agar jangkauan seorang pendidik akan lebih bagus dan berpandangan luas kedepannya sebagai seorang  pendidik yang propesional,  apa lagi buku adalah sumber ilmu dan juga sebagai guru yang tak pernah marah kepada muridnya yang selalu tabah dan sabar dalam melayani peserta didiknya, karena guru yang propesional dalam memberikan materi terhadap peserta didiknya bukan pokus hanya kepada satu sumber buku saja tapi juga mengambil sumber lain yang disesuaikan dengan mata pelajaran yang sedang dipegangnya. Sehingganya penulis mengatakan bahwa guru propesional wajib mempunyai koleksi buku sebagai menambah referensi mata pelajaran yang sedang dipegangnya.

  1. GURU PROPESIONAL HARUS MEMILIKI KESABARAN YANG TINGGI TERHADAP PROPESINYA.

Dalam al-Qur’an Allah Swt sudah berulang-ulang kali mengatakan agar kita dalam menjalankan hidup dan kehidupan selalu meningkatkan kesabaran seperti yang dituangkan dalam al-Qur’an  surat Ali Imran ayat 200  yaitu;

“ Wahai orang-orang yang beriman bersabarlah kamu dan tingkatkanlah kesabaran mu “ dan banyak  lagi ayat lain mengatakan tentang kesabaran, bahkan dalam satu ayat lain Allah mengatakan “ sesungguhnya Allah beserta orang-orang sabar “.

  Seorang guru propesional sangat banyak tantangan yang akan dihadapi karena apabila menjadi guru propesional maka semangkin banyak kegiatan pendidikan yang harus dilakukan. Disamping mengajarkan materi pembelajaran,  guru juga harus berpikir bagaimana peserta didiknya patuh dan mempunyai akhlak yang baik terhadap dirinya sendiri, orang tuanya,  guru, orang lain termasuk terhadap lingkungannya. Dalam menghadapi hal ini seorang guru propesional harus mempunyai kesabaran yang tinggi, agar apapun yang dilakukan, mempunyai arti yang sangat dalam didunia pendidikan.

 

  1. GURU PROPESIONAL HARUS MEMILIKI AKHLAK YANG BAIK

Akhlak adalah tingkah laku,  perangai,  tabiat dan tindak tanduk manusia setiap hari.

Didunia pendidikan guru adalah satu-satunya contoh yang patut ditiru oleh peserta didiknya dari segi apapun seperti cara bertutur kata, bergaul, cara berpakaian bahkan cara berjalanpun sangat patut ditiru dan dicontoh oleh peserta didik. Dan hal ini dilakukan bukan hanya diperlihatkan dilembaga sekolah, tapi diluar sekolahpun juga sangat perlu diperlihatkan terhadap peserta didik,  hal ini juga  diajar oleh rasulullah kepada manusia sehingga beliau mengatakan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Buhkari “ Aku hanya diutus kepermukaan bumi ini adalah untuk memperbaiki akhlak manusia “. Berhasil tidaknya pendidikan terhadap peserta didik bukan hanya terlihat pada nilai rapor  mereka, tapi juga terlihat pada tingkah laku dan perbuatannya sehari-hari. Tentu hal ini bukan hanya bisa tercipta sendirinya tapi juga ada proses, proses itu tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat dan tidak bisa berjalan sendirinya, namun seorang guru propesional harus mmemulai dari dirinya sendiri.sehingga peserta didik bukan hanya mempelajari belajaran yang diajarkan oleh peserta didik tampa disadari mereka juga belajar kepada seorang pendidik tentang tingkah laku yang baik yang terdapat pada pribadi seorang pendidik.

  

  1. GURU PROPESIONAL HARUS MEMILIKI KETERAMPILAN

Dalam dunia pendidikan, keterampilan adalah modal utama untuk mengembangkan pendidikan. Keterampilan tersebut bukan hanya cara menyampaikan materi pembelajaran terhadap peserta didik, tapi juga mempunyai keterampilan lain yang sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki oleh seorang pendidik propesional,  sehingga seorang pendidik propesional tidak ada merasa ragu untuk meragakan keterampilan yang ada pada dirinya, karena demikian juga termasuk tugas seorang pendidik propesional dalam mengembangkan propesinya dalam rangka mengejar mutu pendidikan yang di cita-citakan oleh bangsa ini.

Dari uraian diatas penulis mengatakan bahwa guru propesional adalah wajib memiliki  unsur-unsur tersebut diatas dalam rangka  menjalankan propesi seorang pendidik  yang propesional, bukan hanya mengajar 24 jam tatap muka. Kalau sudah dimiliki unsur-unsur tersebut oleh seorang guru propesional,  maka pendidikan yang dicanagkan oleh pemerintah sesuai dengan harapan bangsa dan Negara bahwa pendidikan benar untuk mencerdaskan anak bangsa dan melepaskan dari belenggu kebodohan yang sedang melilit anak bangsa.

Oleh sebab itu guru propesional sangat berat tugas yang diembannya, sehingganya sangat besar harapan dan tumpuan dunia pendidikan terhadap guru propesional “ Wahai guru propesional dunia pendidikan menantikan kehadiranmu “

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW