Logo
Kuatkan LPTQ dengan Bersinergi - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kuatkan LPTQ dengan Bersinergi

Rhama Eka Putra Rabu 17, Mei 2017 | 12:24:55 wib

Padang, Inmas - Pengukuhan kepengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) tingkat Provinsi Sumatera Barat periode 2017 - 2021 dilaksanakan di Aula Amal Bhakti I Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar, Rabu (17/5). Hadir dalam pengukuhan kali ini Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno, Wagub H. Nasrul Abit, Pengurus LPTQ periode 2017 - 2021, Kakankemenag Kab/Kota se-Sumbar, dan tamu undangan yang berjumlah 124 orang.

Dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana H. Maswar menyampaikan bahwa dari 124 tamu yang hadir saat ini, terdiri dari 48 orang pengurus yang akan dilantik dan 76 orang tamu undangan. Kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya pengukuhan kepengurusan LPTQ periode 2017 - 2021 dan Rapat Koordinasi LPTQ Provinsi dengan LPTQ Kab/Kota se-Sumbar. Kabid PenaisZawa di Kanwil Kemenag Sumbar ini berharap agar Gubernur Sumbar dapat melantik kepengurusan baru LPTQ dan memberikan arahan serta sambutan.

Kakanwil Kemenag Sumbar yang dalam hal ini diwakili oleh Pelaksana Harian H. Syamsuir menyampaikan salam maaf Kakanwil H. Salman yang tidak dapat hadir dalam pengukuhan pengurus dikarenakan saat ini sedang berada di Bangka Belitung dalam rangka pelaksanaan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional III. H. Salman meminta doa dan dukungan kita semua agar siswa madrasah kita dapat mengharumkan nama Sumbar di kancah Nasional. Selanjutnya H. Syamsuir menyampaikan kepada pengurus LPTQ yang baru untuk dapat membumikan Al-Qur'an di Bumi Minangkabau. Falsafah Adaik Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah harus menjadi bagian dalam kinerja LPTQ, sehingga masyarakat dapat menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup sehari-hari.

Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno dalam sambutannya selepas pengukuhan kepengurusan LPTQ yang baru menyampaikan bahwa kinerja LPTQ dapat diukur dengan melihat hasil Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ). Untuk itu diharapkan kepada LPTQ untuk dapat memiliki program unggulan dan strategi dalam rangka meraih hasil optimal. Selain itu perlu sinergitas antara seluruh anggota LPTQ yang berasal dari birokrat, cendekiawan, pengusaha dan perbankan dalam rangka memajukan program-program LPTQ di masa yang akan datang.(rhama)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW