Logo
Kemad MTsN 07 Liko Sajikan Materi Pemilihan dan Penyusunan Naskah Khutbah - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kemad MTsN 07 Liko Sajikan Materi Pemilihan dan Penyusunan Naskah Khutbah

MTsN Mahat 50Kota Kamis 18, Mei 2017 | 14:30:11 wib

Maek, (Inmas) — Kepala Madrasah (Kamad) MTsN 07 Liko tampil sebagai pemateri dalam acara pengkaderan Khatib dan da’i yang digelar oleh Majelis Ulama Nagari (MUNA) Nagari Maek. Pada kesempatan tersebut Kemad menyajikan materi tentang pemilihan dan penyusunan naskah khutbah.

Pemilihan dan penyusunan naskah merupakan langkah-langkah yang mesti dilewati dalam kegiatan berda’wah. Supaya seorang khatib maupun da’i yang dikader pada pelatihan ini berhasil dalam melaksanakan tugasnya kemad termuda di madrasah negeri termuda di Kabupaten Lima Puluh Kota tersebut menyajikan materi langsung dengan praktek. Seluruh peserta yang hadir pada kesempatan tersebut nampak sangat bersemangat dan antusia dalam memperhatikan materi tersebut.

Menurut Kemad MTsN 07 Liko tersebut, ada beberapa orang guru kita yang berkesempatan sebagai pemateri pada acara ini. kebetulan, beliu bertugas memberikan materi tentang pemilihan dan penyusunan naskah khutbah. Materi yang disajikan saat melaksanakan tugas sebagai khatib maupun da’i mesti dipilih, sesuai dengan keadaan yang faktual saat itu dan berat ataupun ringannya materi mesti disesuaikan juga dengan tingkat pemahaman pendengar. Karena itulah menurut beliau, observasi atas pendengar sebelum penyusunan materi sangat penting dilakukan. Lebih lanjut, kepala madrasah negeri seribu menhir menekankan mental bagi seorang khatib maupun da’i harus kuat. Hal ini akan didapat seiring berjalannya waktu dan pengalaman yang diperoleh. Semakin sering tampil di depan umum maka mental seorang khatib maupun da’i akan semakin kuat.

Salah seorang peserta Zikri Nikmatul Akbar (17th) menuturkan, narasumber pada acara ini semuanya menyenangkan. Cara pemateri menyampaikan sungguh menarik, sehingga kami semua semangat, awal sampai akhir acara, bahkan waktu terasa masih kurang. Kami berharap acara ini ada follow up nya sehingga bakat kami semakin terasah, tandas Zikri. (tika)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW