Logo
Subbag Ortapeg Kanwil Sumbar Selenggarakan Asesmen Pejabat Eselon V - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Subbag Ortapeg Kanwil Sumbar Selenggarakan Asesmen Pejabat Eselon V

Efrian Rabu 24, Mei 2017 | 02:55:09 wib

Padang, (Inmas) – Untuk mengukur karakteristik dan kemampuan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menduduki jabatan tertentu diperlukan asesmen. Dengan asesmen, sebuah instansi bisa melakukan perencanaan pegawai hingga evaluasi kinerja terhadap seorang PNS dalam menduduki jabatannya pada suatu struktur organisasi. Hari ini Selasa (23/5) Subbagian Organisasi, Tatalaksana dan Kepagawaian (Subbag Ortapeg) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat (Kanwil Kemenag Prov. Sumbar) melaksanakan asesmen kompetensi jabatan Kepala Urusan Tata Usaha yang setingkat eselon V.

Bertempat di Aula Amal Bhakti I Kanwil Kemenag Sumbar, 50 orang Kepala dan calon Kepala Urusan Tata Usaha (Kaur TU) di wilayah Sumatera Barat mengikuti kegiatan asesmen ini. Masih sama dengan sebelumnya, asesmen kali ini masih melibat tim asesor dari Universitas Andalas. Pelaksanaan asesmen juga dipantau langsung oleh pejabat bagian Asesmen dan Pengembangan Pegawai Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dalam Sambutannya Kepala Kanwil Kemenag Sumbar yang disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha Drs. H. Bustari berharap bahwa dengan pelaksanaan asesmen ini, mampu mengukur kompetensi pejabat dan calon pejabat Kaur TU di Madrasah. “Kaur TU mempunyai peran vital bagi sebuah madrasah karena menjadi leadership bagi proses administrasi di madrasah. Makanya dengan asesmen ini kita berharap bisa mengukur dan mengevaluasi kompetensi asese sehingga menjadi tolak ukur bagi rekrutmen dan pengangkatan Kaur TU di madrasah agar proses administrasi di madrasah dapat terlaksana dengan baik”, tegas Bustari.

Sementara dalam laporannya, Kepala Subbagian Ortapeg H. Idris Nazar menyampaikan bahwa peserta asesmen (asese) berjumlah 50 orang dari seluruh daerah di Sumatera Barat dan merupakan usulan dari Kepala Kankemenag Kab./Kota nya masing – masing. Idris Nazar menambahkan pelaksanaan asesmen terdiri dari 3 sesi yaitu Psikotes, tes tertulis tentang pengetahuan tentang Kementerian Agama dan Leadership Group Discussion (LGD). (Ef)     

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW