Logo
Tetap Zakat Fitrah, Kemenag Kota Solok Survey Harga Beras - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Tetap Zakat Fitrah, Kemenag Kota Solok Survey Harga Beras

solok Jumat 09, Juni 2017 | 07:51:15 wib

Kota Solok, (Inmas) -  Zakat adalah salah satu rukun Islam yang lima. Zakat berarti “tumbuh dan bertambah”. juga bisa berarti berkah, bersih, suci, subur dan berkembang maju. Dapat kita ambil kesimpulan bahwa kita selaku umat muslim telah diwajibkan oleh Allah SWT untuk mengeluarkan zakat, seperti firman Allah Swt : “Dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat dan taatlah kepada Rasul, supaya kamu diberi rahmat“. (Surat An-Nur : 56).

Maka dari itu, untuk qimah zakat fitrah dan Nishab zakat maal/harta    bagi  masyarakat  Kota Solok, melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Solok melakukan  survey harga beras  ke Kantor Bulog, heler dan pasar  di Kota Solok,  Jum’at ( 09/06)

Tim yang diketuai  oleh H. Afrizen selaku Kasi Bimas Islam, langsung bertindak  melakukan survey untuk menetapk tarif zakat dan nantinya mengeluarkan surat edaran tentang qimah zakat fitrah dan zakat harta tahun 1438 H/ 2017.

Saat  mendatangi Kantor  Bulog, tim disambut oleh Kepala Bulog Sub Drive Solok  Andriati,  dari penjelasannya  disampaikan bahwa  terdapat beberapa klasifikasi harga beras yang dikonsumsi masyarakat. Bagi yang mengkonsumsi anak daro, cisokan dengan harga Rp.12.000 per kilogram,   kalau beras pandan pulau Rp. 8.000/per kilogram. Kalau dipinggilingan Bulog sendiri harga beras asokan  semata tanpa dicampur dengan beras lain berkisar harga Rp. 12.500 per kilogram.   Beras yang bersifat bantuan masyarakat  yang tidak dijual bebas  dengan harga Rp. 7300 per kilogram.

Untuk penambahan data, tim juga mendatangi  heler CV.  Pusako Jaya Abadi salah satu heler   di Kota Solok,   tim mendapat kan data   beras cisokan, anak daro dan caredek  dengan harga 12.500 per kilogram dan  pandan pulau, sukai dengan harga 12.000 per kilogram.

Dari pantauan tim  kelapangan,  H. Afrizen  mengatakan bahwa nantinya akan didiskusikan lebih lanjut qimah zakat fitrah dan Nishab zakat maal/harta pada ramadhan tahun ini. “Dengan dikeluarkannya surat edaran nantinya, agar dapat  menjadi acuan bagi masyarakat untuk menentukan qimah zakat fitrah dan nishab zakat harta, ” kata Afrizen.  (Diana|ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW