Logo
Penyuluh Agama Harus Pro Aktif Di Tengah Masyarakat - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Penyuluh Agama Harus Pro Aktif Di Tengah Masyarakat

pariaman Selasa 11, Juli 2017 | 10:35:10 wib

Pariaman, (Inmas)--Dalam rangka menyatukan Visi dan Misi Penyuluh Agama di Kota Pariaman, Seksi Bimas yang merupakan leading sektornya melaksanakan pembinaan  Penyuluh Agama baik Honorer dan Fungsional di aula kantor setempat.

Hadir pada acara ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman, Kasi Bimas, Kabid Panais zawa, JFU Penyusun Bahan Pembinaan Penyuluh Agama dan Penyuluh Agama se- Kota Pariaman yang  berjumlah 30 orang.

Dalam sambutannya Kakan Kemenag Kota Pariaman diwakili Kasubbag TU H. Dedi Wandra menuturkan bahwa Penyuluh Agama merupakan  garda terdepan Kementerian Agama yang harus memiliki potensi diri  dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat.

“Banyak fenomena yang terjadi di tengah-tengah masyarakat sekarang ini. Sebut saja  pergaulan bebas pada generasi muda, pengaruh narkoba, yang semuanya itu sangat meresahkan orang tua.  Untuk itu Penyuluh Agama  memainkan perannya sebagai Penyuluh bagaimana memberikan sentuhan kepada generasi muda agar  mereka tidak terpengaruh dengan hal-hal semacam itu. Mungkin salah satu caranya dengan menggerakan  Remaja Masjid,  Wirid remaja dan kegaiatan pengajian lainnya”, tutur Dedi.

Dedi menambahkan, "mungkin Penyuluh agama ada baiknya juga dengan melakukan pendekatan persuasif sehingga bisa menyentuh dan mengajak para generasi muda   melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat, disinilah kepiawaian Penyuluh Agama dituntut", pungkas Dedi lagi.

Sementara itu Kabid Penais Zawa H. Maswar dalam arahannya mengharapkan agar Penyuluh Agama pro aktif dalam melakukan pendekatan kepada generasi muda sehingga mereka tidak terpengaruh kepada pribadi yang bisa menjerumuskan mereka kepada penyakit masyarakat seperti kenakalan remaja dan narkoba yang bisa merusak masa depan anak.

Maswar menambahkan bahwa Penyuluh Agama harus memiliki binaan minimal 2 buah untuk Penyuluh Non PNS dan 10 buah untuk Penyuluh PNS.

Terakhir Maswar membuka tanya jawab dengan penyuluh seputar keluhan, permasalahan dan kendala yang ditemui di lapangan. Demikian juga  yang berkenaan dengan kenaikan pangkat dan pengusulan jabatan Penyuluh Fungsional bagi ASN yang SK nya Peyuluh Agama yang baru diangkat.(Rita)|DW   

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW