Logo
AKSIOMA Sumbar 2017, Ajang Peningkatan Kreatifitas, Prestasi & Mutu Madrasah - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

AKSIOMA Sumbar 2017, Ajang Peningkatan Kreatifitas, Prestasi & Mutu Madrasah

Efrian Kamis 13, Juli 2017 | 18:27:22 wib

Padang, (Inmas) - Dalam rangka peningkatan mutu dan daya saing pendidikan madrasah, dengan ditopang peserta didik sehat secara jasmani dan rohani dalam menerima pendidikan di madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI menggelar AKSIOMA (Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah). Even dua tahunan ini pertama digelar pada tahun 2009 yang lalu. Untuk melakukan proses seleksi untuk kegiatan AKSIOMA Nasional tahun 2017 yang menurut rencana digelar di Yogyakarta medio Agustus nanti, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Pendidikan Madrasah menggelar AKSIOMA tingkat Provinsi Suametar Barat.

Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Prov. Sumatera Barat H. Salman di New Rasaki Hotel Padang Kamis (13/7). Untuk tahun ini AKSIOMA tingkat Provinsi Sumatera Barat menggelar 8 cabang Seni dan 3 cabang olahraga. Cabang seni yang dikompetisikan pada ajang ini adalah MTQ, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Kaligrafi, Madrasah Singer, Tahfidz dan Hadroh. Sedangkan cabang olahraga, Bulutangkis, Tenis Meja dan Futsal.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Artis Arjun, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memberikan layanan Pendidikan sesuai bakat, minat dan kemampuan siswa.

“AKSIOMA merupakan salah satu kegiatan yang memberikan perhatian pada kekuatan jiwa, otot dan otak siswa madrasah dalam mengembangkan kreatifitas dan prestasi serta mutu madrasah”, ungkap Artis.

Kakanwil Kemenag Sumbar H. Salman didampingi Kabag TU H. Bustari dan Kabid Penmad H. Artis Arjun mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan peserta AKSIOMA 2017 tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kamis (13/7)

(Foto : Kakanwil Kemenag Sumbar H. Salman didampingi Kabag TU H. Bustari dan Kabid Penmad H. Artis Arjun mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan peserta AKSIOMA 2017 tk. Provinsi Sumatera Barat Kamis (13/7))

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Sumbar H. Salman menyampaikan bahwa AKSIOMA merupakan implementasi dari cita – cita madrasah yaitu berprestasi dalam akhlakul karimah, ilmu pengetahuan dan teknologi, Bahasa dan budaya, olahraga dan seni serta berprestasi dalam ilmu keagamaan.

“Ilmu keagamaan ini perlu dipertahankan Karena di madrasah tidak hanya mencerdaskan otak intelektual, namun kecerdasan yang lain, emosional dan spiritual yang diwujudkan dalam kompetisi ini”, tegas Salman.

Salman menambahkan, ada nilai plus pada madrasah yang tidak dimiliki oleh sekolah umum yaitu selain diberikan porsi Pendidikan akhlak/agama lebih banyak, sehingga lulusan madrasah selain menguasai ilmu pengetahuan juga memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan yang baik.

“Madrasah tak hanya bisa mencetak orang yang bisa mengaji, tapi juga kader-kader bangsa yang berkarakter serta profesional dengan perpaduan antara iman, ilmu dan amal”, Salman menambahkan.

Menurut Panitia Pelaksana Kasmir, untuk AKSIOMA tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017 ini akan diselenggarakan dibeberapa tempat di Kota Padang. Untuk cabang lomba MTQ dan Tahfidz akan digelar di New Rasaki Hotel By Pass Padang. Sedangkan untuk cabang lomba kaligrafi, pidato Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris digelar di MIN Gunung Pangilun.

Cabang lomba Madrasah Singer, Hadroh dan Tenis Meja diselenggarakan di MAN 2 Padang. Sedangkan untuk cabang olahraga Futsal dan Bulutangkis digelar di G Sport Center Gunung Pangilun Padang. “Semua kegiatan lomba akan dilaksanakan dari tanggal 13 hingga 16 Juli ini”, ungkap Kasmir yang diwawancarai usai kegiatan pembukaan.

“Para siswa madrasah yang berhasil meraih juara pada AKSIOMA 2017 tingkat provinsi Sumatera Barat ini, selain mendapatkan tabungan juga akan mendapat bingkisan. Dan bagi yang berhasil meraih juara 1, akan menjadi duta Sumatera Barat untuk mengikuti ajang yang sama pada untuk tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Yogyakarta pada Agustus nanti” tutup Kasmir. (ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW