Logo
Dari Ajang AKSIOMA Sumbar 2017, Usai Pembukaan 3 Cabang Lomba Langsung Dipertandingkan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Dari Ajang AKSIOMA Sumbar 2017, Usai Pembukaan 3 Cabang Lomba Langsung Dipertandingkan

Efrian Kamis 13, Juli 2017 | 22:18:15 wib

Padang, (Inmas) – Usai secara resmi dibuka Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Sore ini Kamis (13/7) tiga dari 10 (sepuluh) cabang lomba AKSIOMA tingkat Provinsi Sumatera tahun 2017 langsung dipertandingkan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) tahun ini digelar di sejumlah tempat di Padang dikuti oleh ratusan pelajar madrasah dari seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

Memasuki hari pertama dari 4 hari pelaksanaan, dari sore hingga malam ini, cabang lomba MTQ dan tahfidz sudah mulai dipertandingkan di Hotel Rasaki By Pass Padang. Sedangkan cabang lomba Bulu Tangkis, juga mulai di gelar di hall Kanwil Kemenag Sumbar.

Menurut panitia koordinator pertandingan bulutangkis Muhammad Ali, sejumlah atlit bulutangkis madrasah terbaik dari Sumatera Barat ikut serta menunjukkan kemampuannya pada hari ini.

“Untuk menghindari kecurangan, pihak panitia dari Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar mencocokkan data peserta dengan data siswa yang tercatat di electronic Management Information Sistem (e-MIS). Jika tidak terdata pada e-MIS pasti akan didiskualifikasi. Begitu juga dengan sebelum pertandingan dimulai. Setiap foto siswa, dicocokkan dengan si pemain. Sehingga dipastikan tidak ada kecurangan dilakukan oelh atlit yang bukan dari madrasah” ungkap Bapak yang akrab disapa Ali ini.

Hal ini diamini oleh Panitia Pelaksana Kasmir. Pencocokan data peserta dengan data e-MIS dilakukan untuk keseluruhan cabang lomba. Sehingga bisa dipastikan seluruh peserta AKSIOMA 2017 tingkat Provinsi Sumatera Barat murni siswa madrasah, bukan dari sekolah umum seperti yang pernah teradi pada pelaksanaan AKSIOMA sebelumnya.

“Beberapa hari sebelum pelaksanaan lomba sempat terjadi ketidakcocokan data peserta dengan data e-MIS. Namun setelah kita konfirmasi kepada pihak Kabupaten/Kota yang bersangkutan hanya terdapat kesalahan penulisan nama. Jadi boleh dipastikan peserta AKSIOMA tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun ini murni siswa madrasah semua”, ungkap Kasmir.

Pada cabang Bulu Tangkis, setelah melewati 6 pertandingan pada golongan MTs, tercatat 5 peserta sudah menginjakkan kakinya pada babak perempat final. 5 diantaranya adalah Sumitro dari Bukittinggi usai berhasil mengalahkan Rafi Putra dari Payakumbuh. Rahmat Fadhli dari Pasaman juga berhasil melaju usai mengalahkan Falan Rauf dari Sujunjung. Sedangkan Ilham Dinda dari Kab. Agam ikut melaju usai mengalahkan Muhammad Addha dari Mentawai.

Salah Satu pertandingan bulutangkis yang mulai dipertandingkan hari ini

Pada pertandingan berikutnya, Mukhlis Mahendra dari Kab. Limapuluh Kota juga berhasil menang usai mengalahkan Rahmat Ganggam dari Kab. Tanah Datar. Terakhir, Gilang Hendriko dari Kota Padang juga melaju usai menundukkan Ahlan Surya dari Kota Sawahlunto.

Menurut panitia cabang lomba Bulu Tangkis Fauqa, Pertandaingan selanjutnya akan siselenggarakan esok hari di G Sport Center Gunung Pangilun dengan melanjutkan skema pertandingan Bulu Tangkis MTs dengan sistem gugur ini. (Ef)    

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW