Logo
TIM Verifakasi LSSN Bawa Angin Segar Bagi MTsN Payakumbuh - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

TIM Verifakasi LSSN Bawa Angin Segar Bagi MTsN Payakumbuh

payakumbuh Jumat 14, Juli 2017 | 04:00:00 wib

Payakumbuh, (Inmas) - Kedatangan Tim verifiksai Lomba sekolah Sehat tingkat Nasional tahun 2017 di MTsN Payakumbuh senin (10/07) menjadi kejutan sekaligus harapan. Pasalnya kedatangan Tim penilai pusat yang tanpa pemberitahuan sebelumnya ini sebagai tindak lanjut dari tim penilai lomba sekolah sehat yang turun di MTsN Payakumbuh pada selasa (16/05) bulan yang lalu, selain itu Verivikasi ini ditujukan untuk mengecek kembali apakah madrasah ini melaksanakan program-program UKS sehari-hari atau hanya ketika penilaian lomba.

Tim Verifikasi Pusat yang datang terdiri dari dua orang, diantaranya Dr. H Bilbakhtiar kementerian Agama RI dan Dr. Abdurrahman dari Kementerian Pendidikan RI dengan didampingi oleh Kesra Provinsi Sumatera Barat dan Bagian Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Mofri Antoni.

Turunnya tim verifakasi atau peninjauan ulang ke Madrasah/sekolah peserta LSSN ditujukan untuk madrasah/sekolah yang masuk ke dalam nominasi juara. Tahun ini ada dua kategori yang diangkat dalam lomba sekolah sehat tingkat Nasional yaitu best performance ( Kinerja terbaik) dan best aciefment ( Prestasi terbaik). Menurut sumber yang terpercaya MTsN Payakumbuh masuk ke dalam kategori Best Performance ( Kinerja Terbaik), tentunya harapan prestasi ini sangat membagakan karena program UKS/M di MTsN Payakumbuh sudah menampilkan kinerja dan pengamalan yang terbaik.

Rombangan yang tiba pada pukul 09:00 langsung disambut oleh Mustafa, Kasubbag TU Kemenag Kota Payakumbuh, Sahidin, S.Ag Kepala MTsN Payakumbuh dan Majeleis Guru MTsN Payakumbuh. Kegiatan yang diawali dengan ekspos Madarasah oleh kepala madarasah, Sahidin mamaparkan profil, lingkungan, kegiatan da program ungggulan madrasah melalui video ekspos selama 15 menit, dengan penyampaian yang apik sehingga mampu memukau Tim dan tamu yang hadir, selain itu sahidin juga menampilkan program unggulan UKS/M di MTsN payakumbuh antara lain : Program UKS/M yang sudah diterapkan di Lingkungan Madrasah, Ruangan Sekretariat yang terpisah dengan UKS/M, PHBS yang masuk kedalam muatan lokal, Duta Kesehatan UKS/M sebanyak 33 Duta, Gerai olahan obat tradisoanl khas Sumatera Barat.

Dalam ekspos tersebut sahidin juga menambahkan tindak lanjut dari hasil evaluasi penilaian pertama antara lain : Penerangan ruang kepala Madarasah tanpa lampu, pelengkapan tutp drynase Madarasah,  pemasangan rak sabun dan tisue washtavel, penutupan clah dinding atas kantin sehat, dan pemberian batas dinding bawah toilet. Usai Ekspos Madrasah, TIM Verifikasi lengsung meninjau lapangan. 

Dalam Sambutannya, Musatfa selaku Kasubbag TU Kemenag Kota Payakumbuh mengucapkan selamat datang kepada Tim verifikasi di MTsN Payakumbuh, Ia juga memperkanalkan bahwasanya MTsN Payakumbuh sebagai madarasah favorit di Kota payakumbuh bahkan di Sumatera Barat, Ia berharap semoga TIM ferivikasi beserta rombogan mendapat kesan yang baik dan memuaskan dalam kegiatannya untuk menferivikasi lomba sekolah Sehat di MTsN Payakumbuh Tahun 2017.

Dengan cermat dan teliti tim verivaksai memeriksa, melihat dan mengamati setiap sudut ruang dan kegiatan yang ada MTsN Payakumbuh. selama lebih dari 3 Jam tim berkelilin dengan didampingi oleh siswa duta-duta kesehatan yang handal dan terlatih. 

H Bilbakhtiar saat diwawancarai menyampaikan bahwa kedatangan Tim verifikasi ini untuk mengecek kembali sebagai tindak lanjut dari penilaian pertama, Ia juga mendoakan semoga penilaian verifikasi ini mampu menguatkan dari hasil penilain bulan mei yang lalu, pungkasnya.

Sahidin selaku kepala Madrasah menanggapi dengan sangat bangga, bahwa dari catatan evaluasi penilaian pertama yang telah ditindak lanjuti dengan baik  sehingga mendapat kesan dan apresiasi yang sangat memuasakan dari Tim, semoga hal tersebut menjadikan angin segar sehingga MTsN Payakumbuh tetap manjadi yang terbaik di tingkat Nasional, dalam hal ini Sahidin juga selalu miminta doa dari semua pihak seperti : Pemda Provinsi Sumatara Barat,  Pemda Kota Payakumbuh, dan sebagai ujung tombak Kemenag Kota Payakumbuh dan Kanwil Sumatera Barat, serta majelis guru, karyawan-karyawati, serta peserta didik, maupun dari masayarakat luas, sehingga nantinya MTsN Payakumbuh mampu berjaya di tingkat Nasional dalam hal Sekolah sehat tahun 2017. (MasAdi|ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW