Logo
Satu Doktor Lagi Lahir di Kanwil Kementerian Agama Sumbar - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Satu Doktor Lagi Lahir di Kanwil Kementerian Agama Sumbar

adminrina Senin 17, Juli 2017 | 15:23:33 wib

Padang, Inmas--Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat kembali berbangga, satu orang pegawainya kembali meraih gelar doktor. Hari ini, Senin (17/7) Muslimah Kepala Seksi Informasi pada Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kemenag berhasil mempertahan disertasinya didepan penguji dalam promosi doktor di Aula Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol Padang.

Dalam disertasinya yang mulai digarap sejak setahun lalu, Muslimah membahas Pandangan Ahmad Hasan dan T.M Hasbi Ash-shiddieqy dalam Menempatkan Hadis sebagai Dalil Hukum. Kata Muslimah dalam paparannya di depan penguji, ia menulis tentang pandangan kedua tokoh ini karena mereka cukup berpengaruh di Indonesia baik di dunia pembaharu maupun dalam permasalahan fiqih, diantaranya yang berkaitan dengan ibadah mahdhoh.

Ujian Doktor ini dipimpin langsung Dr. H. Eka Putra Wirman, MA, Rektor UIN Imam Bonjol Padang bersama empat penguji dan satu orang sekretaris. Dalam ujian yang berlangsung selama kurang lebih satu jam, Muslimah berhasil mempertahan isi disertasinya dengan meraih predikat BAIK. Ujian doktor ini juga dihadiri Kabag TU H. Bustari, Kabid Pakis H. Kardinal bersama  pegawai Kanwil Kemenag Sumbar.

Kepala Bidang Pakis H. Kardinal yang juga atasan langsung Muslimah, yang diwawancara usai sidang promosi doktor menyampaikan kebanggaannya. Karena dengan berhasilnya Muslimah meraih gelar Doktor sudah dua Kasinya yang bergelar doktor. Sebelumnya, Dr. John Of Riezal One yang telah meraih gelar doktor di Bidang Pendidikan. 

"Besar harapan saya dengan dua doktor ini akan lebih meningkatkan kinerja bidang Pakis kedepannya, terutama dalam memajukan pendidikan Islam. Mudah-mudahan setelah meraih gelar doktor tidak ada niat untuk pindah tugas ke tempat lain, ungkap Kardinal.

Rasa bangga yang mendalam juga diungkapkan Kepala Bagian Tata Usaha H. Bustari yang hadir sejak awal sidang doktor. Jajaran Kanwil Kemenag se Sumatera Barat patut berbangga, karena memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten. "Dengan dinobatkannya Muslimah sebagai Doktor hari ini, sudah dua doktor yang dimiliki Kanwil Kemenag Sumbar. Ini aset Kementerian Agama yang patut kita kembangkan dan manfaatkan untuk meningkatkan eksistensi Kementerian Agama di tengah masyarakat", ungkap Bustari.

Besar harapan saya lanjut Bustari, sidang doktor hari ini bisa memotivasi pegawai Kementerian Agama untuk lebih meningkatkan wawasan dan keilmuannya sehingga akan lahir doktor-doktor yang lain di Kementerian Agama. "Tentu kepada kedua doktor ini kita berharap sesuai bidang ilmunya bisa meningkatkan kinerja Kementerian Agama secara keseluruhan", harap Kabag TU.

Sidang promosi diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada Dr. Muslimah, S. Th.I, M. Ag dari Rektor UIN bersama tim penguji dan diikuti Kabag TU, Kabid dan seluruh undangan. Rektor berpesan kepada Muslimah agar bisa menjaga nama baik lembaga. RinaRisna

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW