Logo
Guspardi Gaus : Pelayanan Haji Saat Ini Hampir Sempurna - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Guspardi Gaus : Pelayanan Haji Saat Ini Hampir Sempurna

Efrian Sabtu 29, Juli 2017 | 02:04:22 wib

Padang, (Inmas) – Jemaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam kloter 2 mulai masuk asrama haji embarkasi Padang siang ini Jum’at (28/7). JCH yang keseluruhan berasal dari Kab. Agam ini menurut jadwal akan diberangkatkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah esok hari, Sabtu (29/7) pukul 14.25 WIB.

Pada acara melepas JCH kloter 2 yang dilangsungkan di aula utama Asrama Haji Embarkasi Padang malam ini, Kanwil Kemanag Sumbar H. Salman kembali mengingatkan pesan Menteri Agama. “Menag berpesan kepada para petugas dan panitia untuk melayani para Jemaah dengan sebaik – baiknya. Karena mereka adalah tamu Allah”, terang Salman.

Selain itu, Salman juga berpesan kepada para Jemaah, ketua regu (karu), ketua rombongan (karom) dan petugas kloter untuk selalu berkoordinasi agar tidak ada kendala yang bisa mengganggu selama menunaikan ibadah haji.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat yang disampaikan Wakil Ketua DPRD H. Guspardi Gaus yang didaulat melepas secara resmi JCH kloter 2 sedikit bernostalgia. “Saya menunaikan ibadah haji pertama kali tahun 1983. Pada saat itu semua serba sulit. Untuk tidur, kita harus berdesakan dengan Jemaah lain seperti sarden”, cerita Guspardi.

“Saat ini, pelayanan haji hampir sempurna. Mulai dari akomodasi, transportasi sudah sangat bagus. Jauh sekali dengan beberapa tahun yang lalu”, kenang Guspardi. “Mudah-mudahan semua pelayanan yang diberikan pemerintah bisa membantu Jemaah hingga tidak terganggu dalam melaksanakan ibadah haji”, pesan Wakil Ketua DPRD.

Menurut laporan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji yang disampaikan Pelaksana Harian (plh) Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kanwil Kemenag Sumbar, JCH kloter yang berangkat berjumlah 390 orang termasuk 5 orang petugas kloter. 3 (tiga) orang Jemaah kloter 2 tertunda keberangkatannya karena sakit atas nama Elfa Mansur Sudialam (59 tahun), Yuliar Djuhid Kastubi (58 tahun) dan Zaima Jamarin Adam (71 tahun). 

Jemaah termuda tercatat atas nama Zahratul Miska Suardi (21 tahun) dan tertua Kasinar binti Muhammad Zen (80 tahun). Sedangkan petugas kloter, Thomas Febria (Tim Pemandu Haji Indonesia), H. Hendri (Tim Pemandu Ibadah Haji Indonesia), dr. Ibnu Syamsu (Dokter), Rahmadevita (paramedis) dan Mori Desi (paramedis). Selain itu, JCH kloter 2 juga dipandu oleh 2 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) yaitu Rafdinal Nursal Rusli dan Firdaus Muhammad Sarin.

Penempatan Jemaah haji kloter 2 di Makkah adalah maktab nomor 4, nomor rumah 503 sektor 5 wilayah Syisyah. (ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW