Logo
Kontingen Agam Pertahankan Juara Umum Pada MQK Sumbar - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kontingen Agam Pertahankan Juara Umum Pada MQK Sumbar

agam Rabu 02, Agustus 2017 | 15:53:32 wib

Agam (Inmas) -- Musabaqah Qira’atul Kutub (MQK) adalah Lomba membaca dan memahami kitab kuning (gundul) antar santri pondok pesantren yang rutin digelar oleh Kementerian Agama sekali dalam 3 tahun. Pada MQK ke VII Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun ini yang digelar di Ponpes Arrisalah Padang (31 Juli s.d 2 Agustus) berakhir dengan menempatkan Kabupaten Agam sebagai Juara Umum dengan jumlah poin 189 disusul kabupaten Padang Pariaman dengan 184 poin.

189 poin yang diraih Kontingen Kabupaten Agam merupakan hasil dari 21 Emas, 18 Perak dan 9 Perunggu. Dengan raihan tersebut sebanyak 25 orang Santri/Santriwati asal Ponpes Kabupaten Agam berhak menjadi wakil Sumbar pada MQK Nasional yang akan digelar di Jepara pada November 2017 ini.

Kepala Kantor Kemenag Agam H. Hendri, S. Ag, M. Pd yang saat ini tengah berada di Madinah sebagai Pembimbing Ibadah Haji Kloter 2 Asal Kabupaten Agam melalui akun WhatsApps-nya mengucapkan selamat dan sukses kepada Kontingen Agam atas capaian yang diraih pada MQK Provinsi kali ini. Hendri juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Official, Kasi dan JFU Seksi PDPP, Para Buya dan Ummi Pimpinan Ponpes se Kabupaten Agam serta para guru dan Ustadz Ponpes yang telah mendidik dan membimbing santri hingga mampu berprestasi di Tingkat Provinsi. Semoga dengan usaha dan doa kita bersama Kontingen Agam yang dipercaya mewakili Sumbar ke MQK Nasional mampu pula menorehkan prestasi yang gilang gemilang sehingga mengukuhkan Kabupaten Agam sebagai sarangnya Ulama dan Da’i, harapnya.

Kasi PDPP Kantor Kemenag Agam H. Mursal Asmir menerangkan bahwa sempat terjadi kesalahan teknis saat pengumuman Juara umum dan jumlah poin oleh Panitia. Namun berkat kejelian Official serta koreksi dari kita bersama, kesalahan tersebut dapat diperbaiki dan Kabupaten Agam ditetapkan sebagai juara umum MQK Tingkat Sumbar. “Alhamdulillah Agam tetap mempertahankan Juara Umum Sumbar sejak MQK pertama digelar”, pungkasnya. Alwi|Mira

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW