Logo
Koper JCH Diantar ke Embarkasi, Panitia Keberangkatan Checking Persiapan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Koper JCH Diantar ke Embarkasi, Panitia Keberangkatan Checking Persiapan

payakumbuh Rabu 09, Agustus 2017 | 16:13:32 wib

Payakumbuh, (Inmas) - Insyaallah Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Payakumbuh yang tergabung dalam kloter 13 Gelombang I Embarkasi Padang akan berangkat menuju tanah suci pada tanggal 11 Agustus 2017, berangkat dan take off dari BIM sekitar pukul 10.00 siang menuju Medinah. 

Sebelum pelaksanaan prosesi tersebut, pagi ini, Rabu (09/08) Panitia keberangkatan jemaah calon haji Kota Payakumbuh yang dikoordinir langsung Kasubbag Tata Usaha Mustafa, berkumpul di lapangan hijau Sari Bulan menunggu jch mengantarkan koper berisi perlengkapan yang dibutuhkan jemaah dalam melaksanakan rangkaian haji.

Berdasarkan mufakat antara panitia dengan jch, sekitar pukul 06.00 pagi jch sudah mengantarkan kopernya untuk selanjutnya dimuat ke atas sebuah truk fuso. Dibantu anggota karang taruna Kelurahan Sawah Padang, panitia giat memuat 116 koper ke atas truk. 

Menurut Kasi PHU, Jufrimal yang juga ditugaskan negara sebagai Ketua Kloter 13 Gelombang I.

"Di atas truk fuso carteran bernopol BA 9715 MU terdapat 116 koper, 4 dari koper tersebut adalah koper TPHD, TKHD, TKHI dan koper ketua kloter, 4 koper petugas lainnya sudah sampai di asrama haji. Mendampingi sopir truk mengantar koper ke Embarkasi Padang, pimpinan menugaskan H. Hasnul Fakhri bersama Fajri Nur. Setelah koper kloter 12 dari Kab. Tanah Datar dibawa ke BIM, baru koper kloter 13 dibongkar di gudang koper asrama haji," jelas Jufrimal

Checking terakhir persiapan keberangkatan.
Pada hari yang sama, setelah truk pembawa koper jch berangkat menuju Padang. Plh. Kepala kankemenag, Mustafa, bersama Plh. Kasi PHU, Sri Yusnita, mengumpulkan panitia pemberangkatan jch yang sudah ditugaskan kepala kankemenag di aula serbaguna. Rapat checking terakhir ini tampak dihadiri petugas bus, penanggungjawab konsumsi dan penaggungjawab lapangan.

Sebagaimana yang disampaikan Plh. Kasi PHU, Sri Yusnita menerangkan, prosesi keberangkatan jch dilaksanakan di Lapangan Kubu Gadang, dan akan dilepas secara resmi Walikota Payakumbuh.

"212 jch bersama petugas akan diberangkatkan menuju Embarkasi Padang menggunakan 5 bus NPM Vircansa dan 1 bus kecil. Sebanyak 15 mobil pengantar jch akan ikut dalam rombongan tersebut, sudah termasuk BA 1 M, BA 5 M, BA 33 M, voreigder, perhubungan dan pengantar dari pemko. Pukul 10.00 pagi jch sudah harus masuki Embarkasi Padang, diharapkan panitia disiplin waktu," jelas Sri Yusnita.

Rapat persiapan terakhir pemberangkatan jch diwarni berbagai pertanyaan, usul dan saran membangun disampaikan peserta rapat. Termasuk penyampaian informasi dari ketua kloter, Jufrimal, yang sudah memasuki masa cuti melaksanakan tugas haji.

Plh. Kepala kankemenag, Mustafa dalam arahannya menegaskan panitia lapangan dan petugas bus, sudah hadir di Kubu Gadang sebelum pukul 06.00 pagi. 

" Berhubung kloter 13 mesti masuk Embarkasi pukul 10.00, kami harapkan panitia bertanggungjawab dengan tugas masing-masing, termasuk petugas azan, talbiyah dan doa. Di lapangan Kubu Gadang, panitia diharap untuk berkoordinasi dan bekerjasama dengan personil kepolisian dan Pol PP Pemko Payakumbuh. Rute pemberangkatan setelah seremonial melepas oleh Walikota adalah Kubu Gadang - Simpang Benteng - Kaniang Bukit - Simpang Napar - Bunian belok kiri - Mesjid Ansharullah dan terus menuju Padang. Panitia yang bertugas di Embarkasi harus siap dengan tugasnya sampai jch kloter 13
berangkat menuju BIM," tegas Mustafa. (ul|ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW