Logo
Diringi doa, Selamat Jalan Dhuyufurrahman Kota Payakumbuh - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Diringi doa, Selamat Jalan Dhuyufurrahman Kota Payakumbuh

payakumbuh Kamis 10, Agustus 2017 | 09:43:56 wib

Payakumbuh, (Inmas) - Ribuan warga padati GOR Muhammad Yamin Kota Payakumbuh untuk melepas karib kerabat menunaikan ibadah haji rukun islam kelima. 216 dhuyufurrrahman Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Payakumbuh, termasuk didalamnya ketua kloter, TPHD, TKHD dan TKHI, berangkat menuju Embarkasi Padang menggunakan bus carteran NPM Vircansa yang berjejer di jalan Rasuna Said depan Kantor Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh. Panitia pemberangkatan jemaah haji giat mengatur jemaah menaiki bus sesuai regu rombongan.

Hari ini, Kamis (10/08) jemaah haji kota Payakumbuh dilepas menunaikan rukun islam kelima oleh Walikota Payakumbuh. Tampak hadir di lokasi Plh. Sekdako, Amriul Dt. Karayiang, Wakil Ketua DPRD, Ahmad Zifal, Kepala kankemenag, Asra Faber, Waka Polres, Edissra, Kabag Kesra, Ipendi, Kadinkes Elza Daswarman, Krtua TP PKK, Henny Yusnita Riza Falepi, Pimpinan OPD, Ketua MUI, Mismardi, Pengurus IPHI dan pengurus KBIH, pimpinan ormas islam serta juga dihadiri masyarakat dan keluarga jch. Ratusan jemaah pasca haji juga tampak hadir di GOR M. Yamin Lapangan Pacu Kuda Kubu Gadang Payakumbuh.

Labaikallahumma Labbaik, Labbaika laa syarika lahu. Walau kondisi kesehatan kurang sehat, Kepala Kankemenag, Asra Faber menyampaikan selamat jalan kepada jemaah calon haji Kota Payakumbuh.

"Terima kasih kepada Walikota, DPRD Payakumbuh, Kapolres dan OPD terkait dan semua pihak yang telah menyukseskan pemberangkatan ini. Telah dimulai dari pendaftaran berkas, pembinaan di jajaran kemenag dan pembinaan di KBIH. Selamat jalan kepada jch dan semoga yang belum, dapat menyusul setelah ini," sambut Asra Faber.

Melepas jemaah calon haji, Walikota Payakumbuh diwakili Asisten II yang juga menjabat Plh. Sekdako, Amriul Dt. Karayiang, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih dan ucapan maaf Walikota dan Wakil Walikota.

"Selama 8 bulan lamanya jch telah dilatih melalui manasik, berbagai materi telah jemaah terima, sekarang tinggal pengaplikasiannya. Dari data yang kami dapat, ada jemaah yang berusia 83 tahun, dengan semangat kebersamaan semua kesulitan dapat diatasi. Saling mengingatkan dan saling membantu. Kami doakan semua jemaah haji sehat dalam menjalankan haji dan pulangnya juga sehat membawa prediket haji mabrur. Kami juga mengharapkan doa di multazam dari jemaah, doakan kami dam masyarakat Payakumbuh. Dengan berangkatnya 212 jemaah menunaikan haji, berarti ada sekitar 2 % dari 121.000 jiwa warga Payakumbuh yang akan meraih title haji untuk tahun 2017 ini. Jagalah kekompakan
dan selamat jalan. Bissmillahi rohmanir rahiim," Amriul melepas.

Iringan mobil pengantar jemaah calon haji bergerak menuju Embarkasi Padang. Diawali voreigder dari Polres Kota Payakumbuh, rombongan bertolak dari GOR. M. Yamin menuju Simpang Benteng belok kanan ke arah Simpang Kaning Bukit terus ke Simpang Napar. Dari simpang Napar rombongan menuju pusat Kota Payakumbuh di depan Pos Polisi lalu lintas Jalan Sudirman. Setelah semua pengantar siap, rombongan bergerak menuju Padang. Rombongan ini nantinya akan istirahat sejenak di Wisata Alam Silaing Bawah Kota Padang Panjang, dan kembali bergerak menuju Embarkasi Padang.

Kloter 13 gelombang I merupakan gabungan jch dari Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang dan Kota Padang, sudah harus berada di Embarkasi Padang pukul 10.00 pagi ini. Penyambutan jch kloter 13 Gelombang I oleh Pemprov Sumatera Barat dan panitia penyelenggara Ibadah Haji direncana
akan dilaksanakan siang dengan segala prosesi penyambutan di Embarkasi Padang, serta jch akan menerima living cost, gelang penanda, paspor dan lainnya. Kegiatan melepas direncanakan pukul 20.00 ba'da Isya untuk selanjutnya jemaah beristirahat. Tanggal 11 Agustus 2017, kloter 13 gelombang I akan diberangkatkan menuju BIM dan take off pukul 10.00 menuju Medinah, untuk melaksanakan rangkaian haji tamatu' dan arbain. (ul|ef)
 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW