Logo
Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar Guna Lahirkan Agen Sapu Bersih Pungli - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar Guna Lahirkan Agen Sapu Bersih Pungli

Emi Ratna Aprilana Kamis 10, Agustus 2017 | 14:16:58 wib

Padang Panjang, (Inmas) - Lima Pejabat ASN Kementerian Agama Kota Padang Panjang mengikuti sosialisasi pencegahan pungutan liar (Pungli) di Hall Lantai 3 Balaikota Padang Panjang, Kamis/10 Agustus 2017. Wahyu Salim,S.Ag Kasubbag Tata Usaha yang ikut dalam sosialisasi mengungkapkan bahwa semula beliau bersama 4 pejabat struktural lainnya berencana akan turut mengantar jamaah ke embarkasi. Tetapi H. Gusman Piliang Kepala Kemenag Kota Padang Panjang menilai bahwa sosialisasi ini juga urgen untuk diikuti oleh para pejabat Kemenag, agar materi dan ilmu yang diperoleh dalam sosialisasi bersama Unit Pemberantas Pungutan Liar (UPP) dapat dibagikan kepada jajaran dan madrasah di Lingkungan Kemenag Padang Panjang.

Senada dengan H. Gusman Piliang, Kepala Inspektorat Ervic Rinaldi  pada pembukaan secara resmi sosialisasi pencegahan pungli menyampaikan pesan Walikota Padang Panjang bahwa sosialisasi pencegahan pungli perlu dilaksanakan dan diikuti untuk meningkatkan pemahaman bagaimana upaya pencegahan pungli. Selain itu pungli di tengah lingkungan masyarakat dan institusi masih "abu-abu", dengan ikuti sosialisasi ini maka kekaburan akan tindakan pungli akan hilang. Dalam pesannya Hendri Arnis,BSBA berpesan agar ikuti sosialisasi  dengan baik dan serius. Suksesnya pemberantasan pungli di Kota Padang Panjang tidak terlepas dari komitmen seluruh lapisan masyarakat, lembaga dan institusi, jadi melalui sosialisasi ini siap untuk menjadi agen sapu bersih (saber)  Pungli.  Walikota menekankan, jika terjadi pungli dijajaran Pemko, akan diambil tindak tegas.

Pungli dapat diberantas dengan komitmen bersama. Mari wujudkan Padang Panjang sebagai wilayah bebas pungli, sehingga terwujud Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekah. Tampak Hadir  Kapolres, Dandim 0307, Ketua Kejaksanaan Negeri, Ketua Pengadilan Agama hampir  95 undangan perwakilan instansi vertikal, BUMN/D, tokoh masyarakat hadiri Sosialisasi Pencegahan Pungli. Narasumber pertama Syafrizal Wakapolres Padang Panjang. Syafrizal memaparkan visualisasi komitmen pemerintah dalam sapu bersih pungli.

Termasuk dalam jajaran Polres, juga sudah dimulai Sapu Bersih Pungli. Semoga dengan sosialisasi pencegahan pungli ini akan menghilangkan carut marut pungli dilembaga pelayanan masyarakat, ujar Syafrizal yang baru beberapa bulan dilantik sebagai Wakapolres Padang Panjang.  Pentingnya sosialisasi ini diiringi dengan antusias para undangan dalam wujudkan Indonesia yang bersih, berwibawa dan bermartabat. (emie|ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW