Logo
Kepala Kankemenag : KB Ciptakan Generasi Kuat - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kepala Kankemenag : KB Ciptakan Generasi Kuat

payakumbuh Kamis 10, Agustus 2017 | 07:29:33 wib

Payakumbuh, (Inmas) – Pencanangan Kelurahan Tanjung Pauh Kecamatan Payakumbuh Barat sebagai Kampung KB di kecamatan ini, Kamis (10/08) ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota Payakumbuh. Semua gang yang ada di kelurahan ini diberi nama alat kontrsepsi, untuk mendukung dan sebagai bukti Program Kampung KB.

Pemko Payakumbuh komit mencanangkan kelurahan ini sebagai Kampung KB dibuktikan dengan keberadaan kader yang giat melakukan penyuluhan pentingnya KB. Di Tanjung Pauh juga telah terwujud UPPKS, BKB, BKL, BKR, Kelompok KB Pria, serta ditunjang kebersamaan masyarakat, baik tokoh adat, tokoh agama dan karang taruna. Dalam pencanangan ini juga ditampilkan musik qasidah dari Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) binaan PAIF Kemenag Kota Payakumbuh, Yulikamidawati. Para tamu disuguhi kuliner khas kelurahan Tanjung Pauh.

Tampak hadir pencanangan ini Walikota Payakumbuh diwakili oleh Asisten I Yoherman, hadir bersama Anggota DPRD Kota Payakumbuh Dapil Payakumbuh Barat Aribus Madri, Kepala Kankemenag diwakili Penyelenggara Syari’ah, Kanafi, Kepala OPD terkait, Camat dan Lurah se Kecamatan Payakumbuh Barat, Lurah, Kepala BJS, Ketua RW/RT, Ketua KAN Koto Nan Ompek dan pemuka masyarakat.

Dalam sambutannya, Lurah Tanjung Pauh, Helmita, sangat berterima kasih sekali atas kepercayaan pemko Payakumbuh dan Camat Payakumbuh Barat kepada Tanjung Pauh sebagai Kampung KB. Semoga dengan pencanangan ini lahir motivasi dan kesungguhan masyarakat dalam pengimplikasiaannya.

“Sebagai salah satu Pencanangan Kampung KB di Kota Payakumbuh, peserta KB aktif di Kelurahan Tanjung Pauh sekarang telah mencapai 63,3%, dan kedepannya kita akan tingkatkan dan akan menargetkan untuk tahun 2017 ini menjadikan 71, 66%,” sambutnya.

Sekretaris DP3AP2KB, Elfi Joni dalam sambutannya juga menyampaikan kampung KB merupakan suatu wilayah setingkat RW yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sitematis. Kampung KB mengandung kepedulian dan tanggungjawab moral kita bersama untuk keberhasilan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga .

Sambutan Walikota Payakumbuh yang dibacakan oleh Asisten I Yoherman. Kampung KB adalah salah satu upaya penguatan program KKBPK yang di kelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total baik itu program KB maupun program lintas sektoral sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas.

“Kampung KB mesti didukung bersama untuk mengaktifkan 8 Fungsi Keluarga, yaitu sebagai fungsi agama, fungsi cinta kasih, fungsi sosial budaya, fungsi perlindungan, fungsi pembinaan lingkungan, fungsi pendidikan, fungsi reproduksi dan fungsi sosialisasi. Diharapkan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga dapat berjalan dengan baik,” sampul Yoherman

Ditempat yang sama, Kepala Kankemenag diwakili Penyelenggara Syari’ah, Kanafi, yang juga sebagai ketua RT I / RW 3 menyampaikan kagum atas kebersamaan masyarakat.

“Dipandang secara ilmu agama, Islam menganjurkan kita untuk menciptakan generasi yang kuat dalam segala hal. Kuatnya generasi yang kita tinggalkan, diharapkan kelak dapat membangun agama, nagari, membangun Payakumbuh, bangsa dan negara ini. Semua yang kita perbuat di muka bumi ini kelak akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah. Dan hendaklah kita takut meninggalkan anak-anak yang lemah, ber-KB adalah salah satu cara untuk menciptakan generasi yang kuat. Mari kita tingkatkan PHBS dan kebersihan, agar terhindar dari penyakit, sehingga kesejahteraan akan melancarkan pendidikan anak kita,” sahut Kanafi.

Walaupun siang itu cuaca hujan iringi pencanangan Kampung KB di Kelurahan Tanjung Pauh, namun pencanangan ini berjalan lancar. (ul|ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW