Logo
Walikota Lepas JCH Kota Pariaman - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Walikota Lepas JCH Kota Pariaman

pariaman Jumat 11, Agustus 2017 | 14:57:08 wib

Pariaman, (Inmas) - Walikota Pariaman H.Mukhlis Rahman melepas secara resmi JCH Kota Pariaman  yang dilaksanakan di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman Kamis (10/8).  Acara yang cukup khidmat ini dihadiri oleh Ketua DPR RI asal Pariaman Jhon Kennedy Aziz, Ketua DPRD Kota Pariaman, Wakil Ketua DPRD, Kakankemenag, Forkopimda, Kepala SOPD,Kabag, Camat dan KUA se-Kota Pariaman.

Ketua panitia Kabag Kesra Armaizal dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah JCH Kota Pariaman berjumlah 116 orang yang terdiri dari 41 orang laki-laki dan 75 orang perempuan dengan Jama’ah Haji tertua Nazaruddin (45 tahun) dan Jamaa’ah  termuda Jhoni Syuryaman Masri Can (29 tahun) dengan Tim Pemandu ada 2 orang yaitu TPIHI atas nama Dedi Wandra dan TPHD TK Baharuddin.

Armaizal menambahkan bahwa pemberangkatan JCH akan dilaksanakan Sabtu (12/10) di halaman Kantor Walikota Pariaman setelah shalat Zuhur dan makan siang, dimana fasilitasi yang dipersiapkan Pemko adalah 3 buah Bus untuk pemberangkatan dan pemulangan, 1 buah truk untuk membawa koper JCH serta kacu tanda pengenal jama’ah. Dan pada tanggal (13/10) diterbangkan ke tanah suci.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman H.M.Nur dalam sambutannya berpesan kepada para petugas agar selalu mengutamakan  para Jama’ah. Disamping itu petugas juga  harus melaporkan keadaan jama’ah selama berada di  Tanah Suci  ke Tanah Air. Kepada JCH M.Nur juga berpesan agar selalu menjaga kekompakan, saling tolong menolong  dan menjaga kesehatan, karena ibadah haji merupakan ibadah yang sangat memerlukan kekuatan fisilk.

M.Nur berharap kepada JCH agar sepulang dari menunaikan ibadah bisa membawa perubahan bagi diri masing-masing  , bahkan menjadi pelopor dalam bidang keagamaan di Kota Pariaman.

Hal senada juga disampaikan oleh Walikota Pariaman H.Mukhlis Rahman. Beliau berujar agar JCH dapat memahami hakekat ibadah haji itu sendiri. “Ibadah Haji yang akan ibu/bapak laksanakan hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku setelah pulang nanti. Tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bermanfaat bagi orang lain, daerah, bangsa dan Negara”, ujar Wako serius.

Wako berpesan kepada JCH agar selalu menjalin koordinasi dengan petugas dan Tim Kesehatan . “Jangan banyak keluar untuk hal yang tidak bermanfaat, pergunakan waktu dengan  sebaik-baiknya, jaga kesatuan dan persatuan, banyak bersabar dan jangan memaksakan diri kalau tidak sanggup melaksanakannya” terang Wako lagi.

Terakhir Wako mengucapkan selamat jalan kepada JCH Kota Pariaman yang tergabung pada kloter 15 bersamaan  dengan Kabupaten Padang Pariaman dan Padang. “Semoga selama di tanah suci dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna, selamat dalam perjalanan, dimudahkan pelaksanaannya dan kembali ke tanah air dengan sehat walafiat dengan memperoleh prediket haji yang mabrur”, tutup Wako.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyerahan manifest haji dari Kakankemenag Kota Pariaman  kepada Walikota Pariaman, dan dilanjutkan dengan penyerahan dari Wako ke TPHD, serta penyerahan bendera Kota Pariaman dari Wako ke TPHD. Tak ketinggalan pula Wako memasangkan kacu kepada perwakilan JCH tertua dan termuda.

Acara pelepasan JCH ini dimeriahkan dan dihibur oleh Qasidah Rebana Pokjaluh Kankemenag Kota Pariaman yang diketuai oleh Rita Royani,S.Ag. (Rita|ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW