Logo
Gelombang 1 Telah Diberangkatkan, 4663 orang JCH Sudah Berada di Arab Saudi - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Gelombang 1 Telah Diberangkatkan, 4663 orang JCH Sudah Berada di Arab Saudi

Efrian Sabtu 12, Agustus 2017 | 00:19:09 wib

Padang, (Inmas) – 13 kelompok terbang (kloter) Jemaah Calon Haji (JCH) embarkasi Padang telah diberangkatkan. Dari laporan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) tahun 1438 H/2017 M H. Salman dari total 6349 JCH embarkasi Padang, sebanyak 4663 orang diantaranya sudah berada di Arab Saudi. 13 kloter ini termasuk gelombang pertama yang diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Amir Mahmud bin Abdul Aziz (AMAA) Medinah.

Hari ini Jum’at (11/8) kloter 13 yang merupakan Jemaah yang mayoritas berasal dari Kota Payakumbuh dan Kota Padang Panjang menjadi kloter terakhir pada gelombang pertama. Masih dari laporan Ketua PPIH, H. Salman menyampaikan, proses penyelesaian visa Jemaah calon haji embarkasi Padang juga telah mencapai 100 persen. “Alhamdulillah hingga kemaren (Kamis 10/8 – red) seluruh visa Jemaah calon haji yang diberangkatkan dari embarkasi Padang sudah selesai semua. Berarti tidak ada lagi kendala keterlambatan visa hingga kloter 17 yang merupakan kloter terakhir”, ungkap Salman.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kanwil Kemenag Sumbar H. Syamsuir yang mengantar langsung keberangkatan JCH kloter 13 hingga tangga pesawat menambahkan, proses penyelesaian passport hingga hari ini juga sudah mencapai 99 persen. “Masih ada 2 lagi penyelesaian passport yang belum tuntas dan memasuki proses finishing. Mudah-mudahan petugas kita yang ada di Jakarta saat ini bisa menunggu penyelesaian passport hingga bisa mencapai 100 persen”, ungkap Syamsuir.

Untuk diketahui, JCH kloter 13 take off pada hari Jum’at (11/8) pukul 10.30 WIB pagi ini dan saat berita ini diturunkan, dari pesan media sosial grup PPIH yang kami terima dari Ketua Kloter Jufrimal, JCH kloter 13 telah mendarat dengan selamat pada pukul 20.00 WIB dan menuju hotel. JCH kloter 13 berjumlah 391 orang dan didampingi oleh 5 orang petugas yaitu Jufrimal sebagai Ketua kloter, H. M. Nasir sebagai Pembimbing Ibadah, serta dr. Yosi Susandri, Mona Febrina dan Dini Trifani yang ketiganya merupakan paramedic.

Dari laporan kloter 13 yang kami terima, selain JCH asal Kota Payakumbuh (202 orang) dan Kota Padang Panjang (105 orang), JCH kloter terkahir gelombang pertama ini juga diisi oleh JCH asal Kab. Tanah Datar (65 orang), Kota Padang 13 orang dan 1 orang mutase masuk dari Kab. Lebong Provinsi Bengkulu. Selain petugas kloter, JCH kloter 13 juga dipandu oleh 3 orang Tim Pemandu Haji Daerah yaitu Benni Warlis, dr. Merry Yuliesday Bahrinsyah dan Mardion. JCH Kloter 13 dilepas secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Sumbar yang diwakili Plh Kabid PHU H. Syamsuir dan sejumlah pejabat lainnya pada Kamis (10/8) malam. (ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW