Logo
Madrasah - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Madrasah

Emi Ratna Aprilana Sabtu 12, Agustus 2017 | 10:52:14 wib

Padang Panjang, (Inmas) - Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Madrasah unjuk kreativitas pada jambore PIK-R Tk. Kota Padang Panjang. Ajang temu kreativitas ini bertujuan untuk memupuk kebersamaan dan semangat remaja yang tergabung dalam PIK Remaja di lingkungan sekolah Kota Padang Panjang. Jambore dipelopori oleh Dinas Sosial Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Remaja Tk. Kota Padang Panjang Tahun 2017. Kegiatan diselenggarakan di Mifan Waterpark Padang Panjang pada tanggal 8 s.d 10 Agustus 2017.

Menilik awal mula terbentuknya PIK-R, program ini muncul dari keprihatinan terhadap pergaulan remaja yang makin bebas tak terkendali dan keengganan remaja untuk membicarakan masalahnya dengan orang yang lebih tua (orang tua, guru BP, guru mata pelajaran). Para remaja biasanya lebih terbuka dengan teman-teman sebayanya. Hal ini lah salah satu indikator yang melatarbelakangi dibentuk PIK R ujar salah satu guru BK yang tampak mendampingi siswanya. Keinginan merupakan titik awal prestasi, bicara soal prestasi memang erat kaitannya dengan ketekunan disamping motivasi ujar Amrizal guru MAN 1 Padang Panjang.

Hal inilah yang dikedepankan MAN 1 dalam membina siswa siswinya sehingga PIK R Nurul Jadid binaan Nelvarita BR berhasil raih Juara Umum pada Jambore PIK R Tk. Kota Padang Panjang. Dari enam kegiatan yang dilombakan, MAN 1 memenangkan empat kegiatan, diantaranya juara 1 MSQ, Juara 1 Yel-yel, juara 1 Pentas Seni dan juara 2 Story telling.

MAN 3 Padang Panjang pun tak mau ketinggalan ukir prestasi, hal ini terlihat dari suksesnya raih Juara 1  Gendre Kit dan juara 3 MSQ. Sementara Tk. SLTP , MTsN Padang Panjang mengutus beberapa siswa dan siswi dengan pendamping Wendra Hanafi,S.Pd, dan Fitria Rakhma Yanti,S.Pd.Alhamdulillah pada PIK R Tk SLTP MTsN berhasil meraih beberapa peringkat. Juara 1 Pentas Seni untuk semua anggota, Juara 1 Stalling Story di raih Najma. Juara 1 Yel-yel dicapai tim MTsN Padang Panjang. Serta juara II MSQ diraih oleh Riva'i, Farid dan Angga ujar Fitria Oktavia,M.Pd yang diwawancarai humas Kemenag. Ahmad Dharmawan,M.Pd PLH Kepala Madrasah  apresiasi capaian PIK R Alkindi MTsN Padang Panjang, madrasah mengapresiasi bakat dan minat siswa untuk lebih berkreativitas dan berprestasi serta momen jambore ini akan menjadi momen emas untuk menjalin ukhuwah  dan berbagi pengalaman dengan PIK R sekolah lainnya. (emie|ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW