Logo
Bersama Kadiknas Provinsi Sumatera Barat, Kepala Kankemenag Mewisuda 22 Hafidz SMAN 2 Payakumbuh - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Bersama Kadiknas Provinsi Sumatera Barat, Kepala Kankemenag Mewisuda 22 Hafidz SMAN 2 Payakumbuh

payakumbuh Sabtu 12, Agustus 2017 | 12:09:39 wib

Payakumbuh, (Inmas) - Haru biru warnai Wisuda Tahfidz SMAN 2 Payakumbuh, air mata pun tak tertahan disaat para wisuda hafidz memasangkan mahkota di kepala orangtua sambil meminta doa restu. Suasana tenang hadirin mendengarkan lantunan ayat Al Qur'an yang dilafazkan 22 hafidz dan hafidzah SMAN 2 Payakumbuh yang dikepalai Irma Takarina. SMAN 2 Payakumbuh, sejak tahun 2014 dikepalai Irma Takarima. Kampus idaman yang terletak di Jalan Meranti Bukit Sitabur Kec. Payakumbuh Timur ini kerap disapa Kampus Flamboyan.

Sebagaimana wisuda tahfidz yang dilaksanakan hari ini, Sabtu (12/08) di lapangan basket kampus flamboyan ini. Wisuda tahfidz SMAN 2 Payakumbuh ini dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Burhasman Bur yang didampingi langsung Walikota Payakumbuh. Kegiatan ini juga tampak dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, AH. Agusion, Kepala Kankemenag Asra Faber, Pengawas SLTA, Gusrizal bersama Pengawas PAI Joni Indra, Kepala SMA dan MA se Kota Payakumbuh, majlis guru, orangtua siswa hafidz dan undangan. Seluruh siswa kampus ini juga dihadirkan di lapangan basket kampus ini.

Kepada para undangan, Kepala SMAN 2 Payakumbuh, Irma Takarina menyampaikan terima kasih dan melaporkan jumlah siswa yang mengikuti wisuda tahfidz.

"Selamat datang para undangan dan terima kasih kepada Guru PAI, Hj. Netti Herawati dan kawan-kawan bersama ustadz Amru Siregar. Perdana kita adakan mewisuda para hafidz sebanyak 22 orang siswa, dan insyaallah akan kita lanjutkan. Dari 22 sudah ada yang hafidz 15 juzz atas nama Akhlaqul Imam, dilanjutkan M. Abdullah Mausur 4 juzz, M. Reihan Adra dan Fadhilah Aini, 3 juzz, Ririn 2 juzz dan selebihnya 1 juzz. Di SMAN 2 Payakumbuh kita terapkan program hafidz 1 juzz untuk 40 hari yang dikoordinir Guru PAI bersama Ustadz Amru Siregar, kegiatan ini sebagai aplikasi program akhlak mulia yang sudah dicanangkan, kita juga jalankan program Dhuha," lapor Irma Takarina.

Kepala Kankemenag, Asra Faber dalam aprseiasi nya menyampaikan selamat kepada keluarga besar SMAN 2 Payakumbuh dan komite.

"SMAN 2 Payakumbuh sebagai mitra Kankemenag, telah berbuat maksimal, khususnya Pendidikan Agama Islam. Marilah kita bersama menolong agama Allah, salah satu langkahnya adalah kembali mendalami al qur'an. Dengan diwisudanya 22 hafidz ini diharapkan akan lahir generasi qur'ani. Mendalami al qur'an dapat membentengi kita dari perilaku maksiat dan dzholim, khususnya kondisi kekinian yang sangat memprihatinkan kita semua termasuk pemerintah. Di jajaran madrasah, Kami juga telah terapkan 3 program unggulan madrasah, salah satunya adalah tahfidz. Selamat dan mari kita dukung bersama program Pemko Payakumbuh wujudkan ABS ABK," sambut Asra Faber.

Ungkapan senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Ah. Agustion.

"Delapan bulan sudah SLTA sudah berinduk ke provinsi, namun koordinasi membuat kita berprestasi. Kami sangat apresiasi keluarga besar SMAN 2 Payakumbuh dalam melaksanakan program akhlak mulia," ucap Agustion singkat.

Walikota diwakili Asisten II, Amriul Dt. Karayiang yang juga menjabat Plh. Sekdako Payakumbuh menyampaikan rasa haru dan bangga.

"Ditengah kesibukan majlis guru dan siswa menjalankan PBM. SMAN 2 Payakumbuh tampil dengan wajah tahfidz, seperti yang dibuktikan dengan wisuda para hafidz, siang ini. Mewujudkan Kota Payakumbuh yang Religius sebagai implementasi ABS ABK, telah kita anggarkan dana, termasuk reward umrah yang sudah kita jalankan 2 tahun ini. Program akhlak mulia di Diknas juga telah berjalan sesuai doharapkan, namun akan terus kita tingkatkan. Banyaknya tantangan yang kita hadapi di Kota Payakumbuh, akan bisa kita lalui dengan kebersamaan, dan mari kita mulai dari keluarga kita. Sehingganya di Payakumbuh akan lahir para hafidz, calon pelanjut estafet, dan mohon juga dibantu pemprov," ucap Amriul.

Melihat keuletan dan ketekunan Kepala SMAN 2 Payakumbuh, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Burhasman Bur, menyampaikan rasa bangganya.

"Disamping membawa SMAN 2 Payakumbuh harum ditingkat nasional. Dengan koordinasi yang baik, baik ditingkat kota maupun provinsi, SMAN 2 Payakumbuh tampil sebagai sekolah rujukan. Dalam waktu dekat ini, SMAN 2 Payakumbuh juga akan mewakili Indonesia pada Ajang Olimpiade Sains Internasional di Vietnam. Khususnya, yang dilaksanakan hari ini, kami sangat bangga. Teruslah tingkatkan prestasi, mari kita bangun Sumatera Barat sebagai sarangnya para ulama," sampul Burhasman.

Setelah semua rangkaian wisuda hafidz dilaksanakan di lapangan basket Kampus Flamboyan, para pejabat tersebut menyalami dan memberikan ucapan selamat. Kesempatan ini, juga diserahkan piagam dan bingkisan sebagai motivasi. Para siswa pun tidak mau ketinggalan menyampaikan ucapan selamat.

Kegiatan dilanjutkan dengan temu ramah antara kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Burhasman dengan kepala SLTA dan MA. Temu ramah di laksanakan di aula SMAN 2 Payakumbuh. (ul|ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW