Logo
Gerimis Iringi Keberangkatan JCH Kloter 14 - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Gerimis Iringi Keberangkatan JCH Kloter 14

Efrian Minggu 13, Agustus 2017 | 07:32:54 wib

Padang, (Inmas) – Hujan yang menerpa wilayah Padang dan sekitarnya sejak siang belum Nampak akan mengakhiri rintiknya. Hingga Sabtu (12/8) sore, terpaan hujan masih membasahi embarkasi haji Padang. Ditengah terpaan hujan, Jemaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 14 tampak bersiap memasuki aula keberangkatan.

JCH kloter 14 merupakan Jemaah yang berasal dari Kota Padang dan Kab. Sijunjung dan Kab. Pesisir Selatan. Dari Laporan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Padang, H. Salman menyampaikan bahwa JCH Kloter 14 merupakan kloter pertama yang diberangkatkan yang termasuk gelombang kedua. “Artinya, kloter 14 ini akan diberangkatkan langsung menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah”, ungkap Salman.

Salman menambahkan dalam laporannya bahwa kloter 14 berjumlah 393 yang terdiri dari 47 orang Jemaah Kota Padang, 137 orang Jemaah dari Kab. Sijunjung, 4 orang dari Kab. Pesisir Selatan serta 5 orang petugas kloter. Petugas kloter yang bertugas mendampingi JCH kloter 14 adalah Yunaldi sebagai Ketua Kloter, Miswan sebagai pembimbing ibadah, dr. Awaludin Asimin sebagai dokter kloter dan 2 orang paramedis yaitu Ridho Misda dan Neli Suriani.

Istimewa bagi Miswan karena tahun 2016 lalu juga ikut menjadi petugas kloter. Miswan ditunjuk lagi menjadi petugas kloter pada tahun ini setelah petugas yang seharusnya menjadi pembimbing ibadah Drs. H. Bustari dilantik menjadi Kepala Biro AUAK IAIN Kerinci. Menurut aturan, Bustari tidak bisa menjadi petugas dan digantikan oleh orang yang pernah bertugas pada tahun sebelumnya.

Acara melepas secara resmi Jemaah kloter 14 berlangsung di Aula utama Asrama Haji Embarkasi Padang pada Jum’at malam. JCH kloter 14 dilepas oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar. Dalam sambutannya saat melepas secara resmi, Ali Asmar mengingatkan Jemaah untuk selalu ikhlas dan bersabar dalam menjalankan ibadah agar menjadi haji yang mabrur.

Lebih lanjut, Ali Asmar juga meminta kepada seluruh jamaah agar di tanah suci selalu mendoakan Sumatera Barat menjadi negeri yang aman dan terhindar dari musibah.

Acara melepas juga dihadiri Anggota DPD RI H. Leonardi Harmainy. Dalam sambutannya, Leonardi mengingatkan petugas kesehatan untuk selalu tersenyum dalam melayani Jemaah. “Karena dengan senyum yang ikhlas akan mempercepat proses penyembuhan Jemaah”, terang Leonardi.

Leonardi juga mengingatkan Jemaah untuk senantiasa menjaga kesehatan. “Cuaca disana sangat berbeda dengan cuaca di Sumatera Barat. Apalagi saat ini di tanah suci suhunya bisa mencapai 45 derajat selsius. Sering – seringlah minum air zam-zam untuk menghindari dehidrasi”, pesan Leonardi

Sabtu (12/8) pukul 20.04 malam, pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 3312 yang membawa JCH kloter 14 take off dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. Proses take off sempat mengalami keterlambatan 30 menit dari jadwal seharusnya. Keterlambatan diakibatkan karena turunnya hujan sehingga proses naiknya Jemaah dari bis menuju tangga pesawat terpaksa menggunakan payung yang jumlahnya terbatas. (ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW