Logo
Alami Dimensia, 1 Jemaah Kloter 15 Dievakuasi Menjelang Take Off - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Alami Dimensia, 1 Jemaah Kloter 15 Dievakuasi Menjelang Take Off

Efrian Senin 14, Agustus 2017 | 19:59:59 wib

Padang, (Inmas) – Jemaah Calon Haji (JCH) kelompok terbang (Kloter) 15 diberangkatkan Minggu (13/8) malam. Secara resmi JCH kloter 15 dilepas pada Sabtu (12/8) oleh Anggota DPR RI Jhon Kenedy Azis, Kakanwil Kemenag Sumbar H. Salman dan sejumlah pejabat lainnya.

Pada acara melepas JCH kloter 15 yang dilaksanakan di Aula Utama Asrama Haji Embarkasi Padang, Kakanwil Kemenag Sumbar H. Salman melaporkan bahwa JCH kloter 15 berjumlah 393 yang berasal dari Kota Padang (22 orang), Kab. Padang Pariaman (249 orang), Kota Pariaman (117 orang) serta 5 orang petugas kloter.

Petugas kloter yang mendapingi JCH kloter 5 adalah Masdan sebagai Ketua kloter, H. Dedi Wandra sebagai Pembimbing Ibadah, dr. M. Yunus Alimudin sebagai dokter kloter dan dua orang paramedis yaitu Yuswita dan Dian Novianti. JCH kloter 15 juga dipandu oleh 2 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Afrinaldi Yunas dan Baharudin Zaidir. Jemaah termuda JCH kloter 15 tercatat atas nama Redi Ramli Deman (28 tahun) berasal dari Kota Pariaman. Sedangkan Jemaah tertua atas nama Nasaruddin Muhammad Husin (86 tahun) juga berasal dari Kota Pariaman.

Dalam arahannya, Kakanwil Kemenag Sumbar H. Salman yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang mengingatkan Jemaah untuk selalu menjaga kesehatan. “Tanpa kesehatan yang baik, ibadah yang kita lakukan tidak akan maksimal”, pesan Salman.

Salman juga menyampaikan pesan kepada petugas kloter untuk melayani Jemaah dengan tulus ikhlas. “Jaga dan layani Jemaah kita dengan sebaik-baiknya”, ingat Salman.

Sementara itu, Anggota DPR RI Jhon Kenedy Azis dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada Jemaah agar selalu membaca talbiyah sepanjang mengerjakan seluruh rangkaian ibadah haji. Lebih lanjut, Jhon mengajak Jemaah untuk bersyukur kepada Allah atas kesempatan yang diberikan untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

“Untuk sesama Jemaah kami harapkan untuk saling bantu. Yang muda membantu yang tua, yang kuat membantu yang lemah, sehingga terbangun kebersamaan dalam menjalankan ibadah haji”, pesan Anggota DPR ini.

Rosmali Dievakuasi Sesaat Sebelum Take Off

Minggu (13/8) malam pukul 19.45 WIB seluruh JCH kloter 15 sudah menaiki pesawat dan siap diberangkatkan. Puhback Car pun tampak mulai mendorong pesawat untuk mundur dan menggiring pesawat Garuda Indonesia type Boeing 777 – 300 ER ini menuju ujung landasan pacu. Tidak berapa lama, pesawat tiba – tiba berhenti dan terlihat suasana landasan pacu menjadi buncah.

Berturut -turut mobil petugas aviation security (avsec), mobil passenger boarding stairs (mobil tangga penumpang) dan ambulans langsung terburu – buru menuju pintu pesawat. Menurut berita yang kami dengar dari pesawat radio petugas bandara, ada satu Jemaah kloter 15 yang harus di evakuasi dari pesawat karena ingin segera turun dari pesawat.

Adalah Rosmali Dirih binti Dirih, Jemaah calon haji yang berasal dari Kab. Padang Pariaman. Rosmali berkeras tidak ingin berangkat dengan pesawat. Menurut petugas kesehatan yang bertugas di Bandara Internasional Minangkabau, Rosmali menderita Dimensia.

Dimensia merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsional yang seringkali disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak. Demensia adalah kumpulan penyakit dengan gejala-gejala yang mana mengakibatkan perubahan pada pasien dalam cara berpikir dan berinteraksi dengan orang lain. Seringkali, memori jangka pendek, pikiran, kemampuan berbicara dan kemampuan motorik terpengaruh. Karena mengalami dimensia, Rosmili bersitegang dengan petugas pesawat dan bersikeras untuk turun dari pesawat.

Usai meminum obat, Rosmili tampak mulai tenang dan sama sekali lupa dengan kejadian yang baru saja terjadi. Dengan batalnya Rosmili, JCH kloter 15 yang diberangkatkan menjadi 392 orang. Usai diberikan perawatan di klinik kesehatan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) BIM, Rosmili dikembalikan kepada keluarganya dan pulang kembali menuju rumahnya usai serah terima petugas PPIH dengan pihak keluarga. Pesawat GA 3313 yang membawa JCH kloter 15 take off pada pukul 20.13 WIB. (ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW