Logo
Klinik Bahasa MTsN 4 Liko Lahirkan Produktivitas Menulis Siswa - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Klinik Bahasa MTsN 4 Liko Lahirkan Produktivitas Menulis Siswa

MTsN Gadut Bunga Setangkai Minggu 10, September 2017 | 07:45:17 wib

Limapuluhkota (Inmas)—Menulis suatu bentuk keterampilan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran bahasa, terutama pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan keterampilan menulis, siswa diharapkan mampu mengkomnikasikan ide, pikiran, dan perasaan dengan bahasa yang baik dan benar.

Seperti yang terlihat dalam kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Indonesia di MTsN 4 Lima Puluh Kota ( Liko), Sabtu sore ( 9/9)/. Meskipun hujan turun dengan deras, namun tidak menghalangi mereka dalam menjalankan aktivitasnya.

Puluhan siswa/ i MTsN 4 Liko terlihat bersemangat mengikuti Ekstrakurikur Bahasa Indonesia. Ekskul ini mengembangkan kepak sayapnya melalui kegiatan Klinik Bahasa. Klinik bahasa ini terdiri dari kegiatan Majalah Dinding (Mading), Karya Tulis Ilmiah ( KTI), klub MC,dan teater.

Ekskul ini dikomandoi salah satu guru Bahasa Indonesia MTsN 4 Liko, Femelia Savita. Alumni UNP ini menjelaskan bahwa Klinik bahasa minggu ini difokuskan pada pembuatan Mading. Beragam tulisan siswa yang hadir di dalamnya akan menyuguhkan informasi-informasi yang bermanfat bagi pembaca, khususnya keluarga besar MTsN 4 Liko. “Dengan kegiatan mading kita berharap siswa mampu menyalurkan bakat menulisnya dalam berabagai bentuk karya tulis, seperti cerpen, puisi, feature, berita, opini, karikatur, dan lainnya, ungkap Femel.

Kepala MTsN 4 Liko, Hj. Ermita melalui wakil kesiswaan, Noviar mengapresiasi kegiatan ini. Lelaki kelahiran Mungo ini mengharapkan agar kegiatan ini terus berlanjut. “ Secara pribadi, saya sangat senang melihat semangat anak-anak kita dalam kegiatan ini. Meskipun cuaca kurang bersahabat, namun mereka tetap bersemangat dalam menghasilkan suatu karya tulis yang nantinya akan dipajang di papan Mading”, ungkap Bapak 3 anak ini saat melihat langsung peserta Mading larut dalam tulisannya.

Lebih lanjut, Noviar juga mengharapkan agar peserta ini mampu menghasilkan karya tulisnya bukan hanya dalam batas madrasah ini saja, akan tetapi juga berkiprah untuk luar madrasah.  Keterampilan menulis mereka miliki, nantinya diharapkan mampu menembus media massa.

"Kita pasti bangga jika hasil tulisan mereka layak dimuat oleh suatu surat kabar yang ada di Sumatera Barat ini. Tentu untuk mencapai hal ini butuh motivasi dan dorongan yang kuat dari guru pembimbing dan pelatih. Untuk itu pembimbing dan pelatih yang telah ditunjuk oleh kepala  madrasah dapat memberikan motivasi yang kuat kepada peserta kegiatan", tutup Kepala. (Femel/Rina)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW