Logo
Kedatangan Kloter III Disambut Hujan, Satu Jamaah Wafat di RS M. Djamil - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kedatangan Kloter III Disambut Hujan, Satu Jamaah Wafat di RS M. Djamil

adminrina Senin 11, September 2017 | 12:21:47 wib

Padang, Inmas—Hujan yang mengguyur Kota Padang sejak Sabtu malam tak menjadi penghalang kedatangan jamaah haji kloter III Debarkasi Haji Padang. Pesawat Garuda yang membawa jamaah Bengkulu dari Jeddah mendarat di Bandara International Minangkabau (BIM) pukul 06.05 WIB. Kloter III disambut Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Plt. Kabid PHU. H. Syamsuir bersama PPIH.

Menurut Laporan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Haji Padang, Jamaah Haji kloter III (Bengkulu) berangkat ke Tanah Suci berjumlah 390 orang. Satu diantaranya wafat di Tanah Suci (Makkah) atas nama Nurma Waty Syahbudin umur 62 tahun Asal Bengkulu Tengah. Dua orang diantaranya tanazul (pindah) dari  kloter 17 ke Kloter III. Sementara dua orang lagi menunda kepulangannya, 1 kehilangan paspor dan satu lagi masih dirawat di RS Jeddah.Jumlah jamaah haji Kloter III yang pulang ke Tanah Air, 389 orang.

Menurut Info dari Tim KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Padang Dr. Dresnita, Setiba di Ranah Minang dan turun dari pesawat, satu orang jamaah kloter III juga dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil Padang. Jemaah Haji asal Bengkulu ini bernama, Romnah Mad Said, (65 tahun) Jenis Kelamin perempuan, No manifest  309, Alamat, Tumbuk Bengkulu Tengah.

“Romnah dirujuk k RS M Jamil Padang pukul 09.20 WIB dengan Diagnosa DM + Dyspnoe (RR 28x/mnt. Suhu 36,2 C. PO2 88%). Saat turun dari pesawat keadaan umum lemah dan sesak. Setelah mendapat perawatan di Rumah Sakit M. Djamil, tadi malam Minggu (10/9), sekitar pukul  21.30 WIB Romnah menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit tersebut”, terang Dr. Dresnita melalui telephon seluler.

Kepala Bidang Urais Binsyar, Plt. Kabid PHU H. Syamsuir ketika ditemu di ruang kerjanya, Senin (11/9) membernarkan informasi tersebut. Ketika ia mewakili Kakanwil Kemenag menyambut jamaah haji Kloter III ini di Bandara international Mingkabau, kemaren, Minggu (10/9) satu orang jamaah haji dirujuk dengan ambulance ke Rumah Sakit M. Djamil Padang.

Sementara jamaah haji lain, diistirahatkan diruang tunggu Bandara sambil menunggu keberangkatan pesawat yang akan membawa jamaah ke Bengkulu. “Secara keseluruhan kondisi jamaah baik, walaupun ada yang mengalami batuk, flu dan kelelahan. Ditambah lagi cuaca hujan ketika jamaah turun dari pesawat. Namun dari tangga pesawat jamaah dibawa dengan bus yang telah disediakan debarkasi haji Padang”, ungkap H. Syamsuir yang juga Sekretaris PPIH.

Dilanjutkan syamsuir, saat ini jenazah masih disemayamkan di RS M. Jamil. Jenazah Romnah Mad Said akan dipulangkan ke Bengkulu bersama jamaah haji Kloter IV (jamaah asal Bengkulu). “Jamaah Kloter IV ini diperkirakan mendarat di BIM Sore ini, Seni (11/9) pukul  18.25 WIB. Pesawat pertama yang akan terbang ke Bengkulu diperkirakan take off pukul 23. 15 WIB”, ungkap H. Syamsuir. RinaRisna

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW