Logo
MTsN 4 Didik Kepemimpinan Siswa Melalui Persami - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

MTsN 4 Didik Kepemimpinan Siswa Melalui Persami

MTsN Parak Lawas Senin 11, September 2017 | 17:01:13 wib

Padang, Inmas--Berselang pada dua hari Kemaren Sabtu, tanggal 09 s.d 10 September 2017 MTs N 4 Kota Padang perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI). Lebih kurang 73 siswa dan 40 senior, Pembina 2 Pa dan Pi serta 2 pelatih mengikuti kegiatan tersebut. Didampingi Pembina sekaligus pelatih  pramuka Ridwan Murdi dan Rizky Eka Saputra. Acara dibuka Kepala Mabigus MTsN 4 Firdaus di Gedung Madrasah, Rabu, 11/09.   

Dalam sambutannya ia mengatakan kegiatan PERSAMI sangat bermanfaat terutama untuk melatih mental dan kepemimpinan siswa. “Silahkan ikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, dan latih diri dengan pembinaan jasmani dan rohani, Upacara pembukaan PERSAMI sukses dilaksanakan, terlihat dari siswa yang antusias mengikuti upacara tersebut.

Semua terlihat sangat semangat dari hari biasanya, ditambahkanya, Kegiatan Persami ini ajang silaturrahmi dalam mempererat tali persaudaraan sesama anggota pramuka demi terbinanya mental dan disiplin dalam kehidupan pramuka penggalang di gugus depan. Melatih untuk selalu hidup berlomba-lomba dalam kebaikan dan melakukan perbuatan positif yang membangkitkan semangat serta berkembangnya pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman yang didapat oleh anggota pramuka.

Selain itu Pramuka sejati adalah untuk pengabdian kepada Bangsa dan Negara serta Agama.Landasilah kehidupan ini dengan Dasa Darma dan Tri Satya dalam kegiatan Persami, Tetaplah jaga kekompakan antar sesama anggota Pramuka, tuturnya.

Acara yang digelar selama dua hari tersebut, tepatnya pada minggu paginya langsung digelar acara penutupan kakak Pembina Netti ia menjelaskan manfaat dari kegiatan PERSAMI  antara lain: meningkatkan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa, trampil dan tangkas dalam kepramukaan, membentuk pribadi yang mandiri, meningkatkan kepeduliaan terhadap lingkungan, membentuk pribadi/karakter lebih baik, baik terhadap orang tua, Guru dan lingkungan sekitarnya, serta dalam acara tersebut pelantikan Kacu kepada siswa lebih kurang 73 orang,  paparnya dengan singkat.   

Saat dikonfermasikan Humas Kepala TU Tan Gusli di ruangan kerjanya memaparkan bahwa  Para peserta selain mengikuti perkemahan juga diwajibkan mengikuti serangkaian kegiatan baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Kegiatan di dalam meliputi keagamaan, semaphore, morse, sandi, hymne dan mars pramuka.

Selain itu, kegiatan lainnya yang digemari semua siswa juga dihadirkan seperti penjelajahan, lomba masak, lomba senam, permainan tradisional, upacara api unggun, pentas seni dan hasta karya, yang lebih penting lagi Tujuan kegiatan Persami adalah lebih mendekatkan lagi ketaqwaan kepada Allah SWT. membekali peserta didik dengan mental dan kepribadian luhur,  meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh peserta, meningkatkan kreativitas dan inisiatif peserta,  memupuk kerjasama dan gotong royong serta, memperdalam pengetahuan peserta tentang kepramukaan, tutupnya menyudahi. (HarisTj/TanGusli/Rina)

 

                                               

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW