Logo
MTsN 1 Liko Maksimalkan Fungsi Pendidik dengan Membentuk Pembimbing Akademik - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

MTsN 1 Liko Maksimalkan Fungsi Pendidik dengan Membentuk Pembimbing Akademik

MTsN Padang Japang Selasa 12, September 2017 | 08:16:48 wib

Padang Japang, Inmas--MTsN Padang Japang berganti nama menjadi MTsN 1 Lima Puluh Kota sesuai KMA Nomor 675 Tahun 2016. Seiring dengan itu tentunya kita ingin selalu menjadi yang terdepan ungkap Muhammad Suhardi, selaku Kepala MTsN.

Salah satu gebrakan yang dilakukan Kepala Madrasah termuda Lima Puluh Kota untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan membentuk Pembimbing Akademik. Pembimbing Akademik, seorang guru yang ditunjuk dan diserahi tugas oleh madrasah untuk membimbing sekelompok peserta didik di luar jam pelajaran, yang bertujuan untuk;

  • Membantu Peserta Didik menyesuaikan diri dengan kehidupan Madrasah dalam berpikir, bertutur kata, dan bersikap
  • Membantu Peserta Didik dalam melaksanakan cara-cara belajar yang efektif dan efisien di Madrasah
  • Membantu Peserta Didik dalam memahami dan menghayati tradisi bersikap ilmiah di Madrasah
  • Membantu Peserta Didik dalam menentukan alternatif pemecahan masalah yang menghambat pembelajarannya
  • Membantu Peserta Didik dalam mengoptimalkan prestasi akademik maupun non akademik
  • Membantu dan mengarahkan Peserta Didik dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan Co/Ekstra Kurikuler dan mengevaluasinya.

Seluruh peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 14 sampai 16 siswa, kegiatan ini dilaksanakan dua kali seminggu yang waktunya tidak terikat seperti pembelajaran dalam kelas dalam artian Pembimbing Akademik diberi kebebasan dalam melaksanakan kegiatan dengan anggota kelompok yang di kelolanya.

Ia berharap, semoga dengan dilakukan metode Kepenasehatan Akademik ini lebih menumbuhkan semangat Peserta Didik dalam pembelajaran di Madrasah 1 Lima Puluh Kota sehingga Semboyan Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah akan lebih mudah di wujudkan. (Ade/Rina)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW