Logo
RA Miliki Dua Lokal Baru - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

RA Miliki Dua Lokal Baru

Admin Sumbar Selasa 20, Mei 2014 | 16:57:06 wib

Padang, (Inmas)—Lembaga Pendidikan Dini salahsatu elemen penting penentu lahirnya generasi masa depan. Olehkarenanya lembaga ini harus dikelola dengan rapih dan baik. Hal ini diungkapkan Kakanwil Kemenag Sumbar Drs. H. Syahrul Wirda, MM ketika meresmikan gedung Raudhatul Athfal di Komplek Madrasah Terpadu Gunung Pangilun, hari ini Selasa (20/5)

“Anak Usia Dini ibarat kertas putih, kita yang menentukan lukisan apa yang akan diukir diatasnya” ungkap  Kakanwil ketika memberikan arahan dihadapan Ketua DW, Kabid, Kepala BDK dan Kakan Kemenag Kota Padang. Karena pentingnya pendidikan dini maka diperlukan lulusan Strata 3 (S.3) sebagai tenaga pendidik, lanjutnya.

Namun karena hal ini masih sulit diwujudkan, setidaknya para pendidik di RA sudah memiliki pengalaman dan kompetensi mengayomi anak-anak yang masih asyik dalam masa bermain ini, harap Kakanwil. H. Syahrul berharap para guru bisa memberikan pendidikan dan rasa kasih sayang. Jangan melontarkan kata-kata yang bisa merusak pola pikirnya, misalnya : kamu nakal, kamu bandel. Bagaimana pun kata-kata guru bagaikan wahyu bagi anak-anak, ulas Kakanwil lagi.

Menyinggung gedung RA yang baru diresmikannya, Kakanwil berharap RA bisa memiliki gedung sendiri yang lebih layak untuk sebuah proses pendidikan. Kepada Kabid Pendidikan Madrasah H. Artis Arjun yang hadir dalam peresmian tersebut berharap Bidang Penmad bisa menganggarkan dana untuk pembangunan Gedung RA. 

Raudhatul Athfal (RA) merupakan sebuah lembaga pendidikan usia dini yang setingkat dengan Taman Kanak-kanak, namun RA dikelola Dharmawanita Kementerian Agama. Di Kota Padang RA sudah menyebar hampir ada disetiap kecamatan. RA yang terletak di Komplek Madrasah Terpadu Gunung Pangilun ini sudah berdiri sejak 30 tahun lalu, dibawah binanaan Dharmawanita Unit Kanwil Kemenag Sumbar.

Ada yang menarik dari perjalalanan Raudhatul Athfal ini, sejak berdiri pada tahun 1984 lalu, 25 tahun menyewa dua lokal milik MAN 2 Padang yang satu komplek dengan RA. Namun karena kegigihan pengurus yang juga Dharmawanita RA bisa memiliki 3 lokal yang juga berstatus sewa. Hari ini, ditambah dua lokal lagi dari hasil swadaya wali murid dan uang SPP dari murid-murid RA

Pada upacara peresmian tersebut, Kakanwil langsung menandatangani prasasti tanda diresmikannya dua lokal baru yang siap menampung murid baru Tahun Ajaran 2014/2015. Dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Ketua Dharmawanita Persatuan (DWP) unit Kanwil Kemenag Sumbar Hj. Syamsidar didampingi pengurus dharmawanita lainnya.

Upacara  peresmian juga dihibur penampilan murid RA membacakan asmaul husna dan ayat pendek. Bahkan kedatangan Kakanwil di Komplek Madrasah Terpadu ini disambut tarian jari-jari lentik anak-anak calon pemimpin bangsa masa depan ini. Membuat bangga orang tua, guru dan para undangan menyaksikan kepolosan wajah mereka. Rina

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW