Logo
MTsN Koto Tangah Padang Salurkan 173 Bantuan Siswa Miskin - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

MTsN Koto Tangah Padang Salurkan 173 Bantuan Siswa Miskin

Kamis 15, September 2016 | 09:30:27 wib

Padang (Inmas)--Rabu, (14/9) MTsN Koto Tangah Padang dikunjungi orang tua siswa yang akan menerima Bantuan Siswa Miskin (BSM) Tahap I Periode Januari s/d Juni 2016. Bantuan akan diberikan secara langsung Kepala Madrasah dan Bank Nagari selaku Bank Penyalur BSM di MTsN Koto Tangah Padang ini. Program BSM ini sudah menjadi agenda setiap tahun yang dilaksanakan di Lingkungan Kementerian Agama. 

Kepala MTsN Koto Tangah, Rifdawati menjelaskan penyerahan Bantuan Siswa Misikin tahun ini sedikit mundur dari Jadwal. Keterlambatan ini disebabkan karena prosesnya agak panjang. Mulai dari pendataan siswa-siswi yang patut diberikan bantuan. Di MTsN Koto Tangah kebanyakan siswa harus dibantu, karena umumnya berasal dari keluarga berekonomi menengah kebawah.

Namun karena keterbatasan dana yang ada dalam DIPA MTsN Koto Tangah dari jumlah siswa 650 siswa kita mendapatkan bantuan pada tahun ini 173 siswa, sehingga untuk membantu siswa yang lain kami tetap menganggarkan bantuan transpor siswa miskin dari dana Bantuan Operaional Sekolah, dengan membarikan bantuan sebanyak 80 orang siswa, papar Rifda.  

Selain itu halangan-halangan yang lain kami juga kesulitan di dalam mengumpulkan bahan persyaratan siswa untuk BSM ini, karena BSM persyaratannya siswa harus mempunyai Kartu Perlindungan Sosiail (KPS) atau Kartu Indonesia Pintar, siswa selalu lupa membawanya ke madrasah sebagai bahan persyaratannya. Selain itu kendala yang lain proses permintaan nomor rekening kepada pihak Bank, dan juga sampai proses pencairan di KPPN Padang, mengingat proses di KPPN harus melalui Online Span, karena jika salah saja satu rekening maka rekening siswa yng lain juga menjadi imbasnya, namun alhamdulillah berkat kesigapan para pihak yang berkompeten segala rintangan tersebut dalam di atasi.   

Rifdawati mengingatkan kepada orang tua siswa agar menggunakan Bantuan ini untuk hal-hal yng bermanfaat bagi siswa untuk menunjang Proses Belajar Mengajar di MTsN Koto Tangah ini sampai siswa yang bersangkutan menamatkan pendidikan di madrasah ini, seperli membeli atribut siswa yang tidak lengkap, sepatu sekolah siswa yang sudah rusak, buku-buku catatan siswa dan lain-lain ujarnya. (irwan.p/Rina)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW