Logo
Peringatan Hardiknas, Terwujud Visi Misi Kemenag Pasaman - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Peringatan Hardiknas, Terwujud Visi Misi Kemenag Pasaman

pasaman Selasa 02, Mei 2017 | 14:18:20 wib

Pasaman, Inmas – Sekelumit wawancara kontributor dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman H.Abdel Haq di hari pendidikan nasional Selasa (2/5) di ruang kerjanya. Beliau menuturkan, hari pendidikan nasional diperingati dalam upaya  mengkaji ulang peran pendidikan dalam memajukan anak bangsa. Kemajuan anak bangsa hanya bisa diwujudkan dengan meningkatkan pembangunan di bidang pendidikan, meningkatkan sarana prasarana pendukung, penerapan pendidikan berkarakter serta memberikan keteladanan kepada peserta didik.

Abdel Haq menilai bahwa pembangunan pendidikan itu harus mendapatkan dukungan dari semua pihak, orang tua, masyarakat dan pemerintah. Khususnya pendidikan madrasah di Pasaman, Abdel Haq berharap momentum peringatan hardiknas semakin mendorong semangat untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran. Lembaga pendidikan madrasah yang ada di bawah Kemenag harus semakin dipandang bermutu karena mampu meluluskan generasi-generasi berkarakter, cerdas, berakhlakul karimah dan berprestasi di berbagai bidang.

Apalagi menurut magester ilmu agama itu, komitmen Kemenag dalam hal pendidikan tertuang dalam visi misinya. Visi Kemenag Pasaman mewujudkan masyarakat yang taat beragama, rukun, cerdas, sejahtera lahir dan bathin. Dan dalam misinya yaitu meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama, pendidikan agama pada satuan pendidikan umu dan keagamaan.

Lanjutnya, berangkai prestasi telah ditorehkan diberbagai bidang oleh siswa madrasah negeri maupun swasta. Ini membuktikan adanya kualitas dibalik pendidikan madrasah dari tingkat ibtidaiyah hingga aliyah. Kita petik hikmah peringatan hardiknas ini untuk mewujudkan visi misi Kemenag Pasaman dalam hal pendidikan, tukasnya.

Bersamaan hardiknas, mulai hari ini hingga tanggal 8 Mei sebanyak 1550 siswa tingkat MTs mengikuti ujian nasional berbasis kertas pensil. Abdel Haq medoakan peserta didik mampu mengikutinya dengan baik, jujur dan disiplin, hasilnya mendapatkan sebagaimana diinginkan. Lalu dikatakannya melalui UN akan tahu sejauhmana kemampuan siswa dalam menguasai mata pelajaran yang telah diberikan oleh para guru dan tenaga kependidikan. Begitu pula dapat melihat kemampuan dan keprofesionalan guru dalam merealisasikan kurikulum yang telah disepakati. (abie78)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW