Logo
PENGARUH DOSA DALAM HIDUP - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

PENGARUH DOSA DALAM HIDUP

Jamaril, S.Ag Selasa 30, Mei 2017 | 09:44:41 wib

PENGARUH DOSA DALAM HIDUP

Oleh: Jamaril Tuanku Mudo, S.Ag

Guru MTsN 7 Padang

  1. Pengertian :

            Dosa menurut sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Al- hakim adalah:

 الاثم ما حاك في صدرك وكرهت ان يطلع عليه الناس ( رواه الحاكيم)

Artinya: 

Dosa  adalah sesuatu yang terasa gatal didada anda, dan anda sendiri  tidak  senang kalau ada orang lain yang melihatnya. ( H.R Al-Hakim )

  1. Akibat Buruk Dosa terhadap hidup seseorang

Menurut Ibnu Qayyim dalam kitabnya Al-Da’wa bahwa banyak akibat buruk yang ditimbulkan oleh dosa yang terdapat pada diri seseorang.

 Diantara akibat buruk tersebut adalah :

  1. Menutup kecerdasan, hati nurani menjadi tidak berfungsi, tertutup dan jauh dari hidayah Allah.

Hadits yang diriwayatkan  oleh Abu Hurairah beliau bersabda :

عن ابي هريرة قال قال رسول الله صلي الله عليه وسلم ان المؤمن اذا اذنب كانت نكتة سوداء في قلبه فان تاب ونزع واستغفر صقل قلبه فان زاد زادت حتي تعلو قلبه وذاك الران الذي ذكرالله في القراءن كلا بل ران علي قلوبهم ماكانوا يكسبون

Artinya: 

Dari Abu Hurairah r.a berkata rasulullah bersabda : sesungguh orang beriman  apabila melakukan suatu dosa, akan terlahir bintik hitam didalam hatinya. Jika dia bertaubat, melepaskan diri dari dosa dan mohon ampun maka besihlah  hatinya Jika bertambah dosanya maka bertambah banyak titik noda hitam hingga menutup hatinya. Itulah daki sebagai mana yang disebutkan Allah dalam Al-Qur’an “ sekali-kali tidak demikian  apa saja dosa yang mereka lakukan akan menutup hati mereka.

Syekh Hasan Al-Bisri juga mengatakan

وقال الحسن البصر وهو الذنب علي الذنب حتي يعمي القاب فيموت

Imam Hasan Al-Bisri berkata : Itulah dosa diatas dosa sehingga membutakan hati dan mematikannya

  1. Mendatangkan ketakutan dan kegelisahan .

Syekh Al-Jaur jani berkata

ثلاثة اشياء من عقد التوحيد  الخوف والرجاء والمحبة فزيادة الخوف من كثرة الذنوب

Artinya :

 tiga hal bagian dari pengikat tauhid; takut, berharap dan cinta kepada allah. Bertambahnya takut disebabkan banyaknya dosa.

  1. Menjadi penghalang datangnya rezeki.

Rasulullah bersabda :

ان الرجل ليحرم الرزق بالذنب يصيبه ( رواه احمد )

Artinya :

      sesungguhnya rezeki seseorang itu terhalang oleh dosa yang menimpanya. (H.R. Ahmad )

  1. Mempercepat datangnya azab Allah Swt

Sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh ibnu majah beliau berkata:

Dari ibnu Umar r.a berkata rasulullah menghadap kepada kami dan berkata; hai kaum muhajirin  lima jika kamu dicobai  dengannya – aku berlindungan kepada Allah kamu tidak mendapatinya:

  1. Jika kejahatan dilakukan dengan terang-terangan dalam satu kaum, maka kaum itu akan ditimpakan secara merata penyakit dan kelaparan yang belum pernah terjadi pada generasi sebelumnya.
  2. Jika orang-orang telah melakukan kecurangan dalam takaran dan timbangan dengan terang-terangan maka allah akan menipakan paceklik, inflasi ( segala kebutuhan mahal ) dan zalimnya seorang penguasa.
  3. Jika orang-orang kaya tidak mau mengeluarkan zakatnya, maka Allah akan menahan hujan dari langit.
  4. Jika orang-orang telah melanggar janji Allah dan Rasulnya, maka Allah akan memberikan kekuasaan kepada musuh untuk menguasai mereka dan musuh itu akan mengurus kekayaan alam yang ada didalam negerinya.
  5. Jika pemimpin tidak lagi mau berhukum dengan kitab Allah dan hanya memilih-milih yang menguntungkan dirinya, maka Allah akan menimpakan bencana diantara mereka.
  1. Langkah-langkah  mengapus dosa 
  1. Istighfar

Mohon ampun kepada Allah terhadap dosa yang dilakukan  baik disengaja maupun tidak:

وَمَنْ يَعْمَلْ سُوءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللَّهَ يَجِدِ اللَّهَ غَفُورًا رَحِيمً

Artinya,

Dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan Menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

(Q.S an-Nisa’ ayat 110)

 

 

 

 

  1. Taubatan Nashuuha

Menyesali segala dosa yang pernah dilakukan dan tidak berniat lagi   untuk mengulanginya;

Seperti pirman Allah Dalam Surat At-Tahrim Ayat 8

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ ءَامَنُوا مَعَهُ نُورُهُمْ يَسْعَى بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya :

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb Kami, sempurnakanlah bagi Kami cahaya Kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Surat Hud Ayat  3

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ

 Artinya :

Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. jika kamu berpaling, Maka Sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat. ( Q.S. Huud Ayat 3 )

  1. Bertaqwa

Allah sangat memerintahkan kita untuk takut ( tunduk) kepada-Nya seperti pirmannya dalam Surat Albaqarah Ayat 40

يَابَنِي إِسْرَائِيلَ اذْكُرُوا نِعْمَتِيَ الَّتِي أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَأَوْفُوا بِعَهْدِي أُوفِ بِعَهْدِكُمْ وَإِيَّايَ فَارْهَبُونِ

Artinya;

Hai Bani Israil[41], ingatlah akan nikmat-Ku yang telah aku anugerahkan kepadamu, dan penuhilah janjimu kepada-Ku[42], niscaya aku penuhi janji-Ku kepadamu; dan hanya kepada-Ku-lah kamu harus takut (tunduk).

 

 

Qur’an Surat Ali Imran Ayat 175

إِنَّمَا ذَلِكُمُ الشَّيْطَانُ يُخَوِّفُ أَوْلِيَاءَهُ فَلَا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Artinya ;

Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah syaitan yang menakut-nakuti (kamu) dengan kawan-kawannya (orang-orang musyrik Quraisy), karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepadaKu, jika kamu benar-benar orang yang beriman:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

 Artinya :

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam Keadaan beragama Islam.   (Q.S, Ali Imran Ayat 102 )

 

وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى وَاتَّقُونِ يَاأُولِي الْأَلْبَابِ

Artinya;

Berbekallah, dan Sesungguhnya Sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku Hai orang-orang yang berakal.( al-Baqarah: 197 )

Kesimpulan;

                  Dosa sangat membahayakan diri kita didunia ini untuk menuju kampung akhirat yang kekal abadi. Maka dari itu lindungilah diri dari segala perbuatan yang tidak diridhai oleh Allah agar diri kita disayangi dan dicintai oleh yang maha kuasa. Agar dosa-dasa yang pernah dilakukan di ampuni oleh Allah lakukanlah trik-trik yang telah kita kemukakan diatas.

 

Wallahulmuwafiq ila aqwaitthariq

Wassalamu’alakun WW

 

 

Padang,4   Ramadhan 1438 H

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW