Logo
Konversi Nilai Zakat Fitrah 1438 H Limapuluh Kota Ditetapkan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Konversi Nilai Zakat Fitrah 1438 H Limapuluh Kota Ditetapkan

lima puluh kota Kamis 08, Juni 2017 | 09:48:57 wib

Sarilamak, (Inmas) - Bertempat di ruangan rapat pimpinan Kemenag Lima Puluh Kota (07/06)  dilaksanakan rapat koordinasi penetapan nilai konversi zakat fitrah. Hadir pada kesempatan tersebut para stakeholder dari Dinas Perdagangan, Bagian Kesra Sekretariat Pemda Lima Puluh Kota, Ketua MUI, Perwakilan dari Baznas serta para Kasi dan Penyelengara di lingkungan Kemenag Lima Puluh Kota.

Kakankemenag Lima Puluh Kota dalam hantarnya menyampaikan, secara umum zakat fitrah bertujuan untuk membersihkan puasanya orang-orang yang telah menjalankan ibadah puasa ramadhan dari berbagai hal yang dapat menghilangkan pahala puasanya, dalam artian laian zakat fitrah merupakan penyempurnaan terhadap ibadah puasa. Zakat fitrah atau yang sering  disebut juga sebagai zakat diri wajib dikeluarkan oleh setiap muslim. Ramza melanjutkan bagi merka yang masih dalam tanggungan orang lain maka zakatnya menjadi kewajiban penanggungnya. Perlu juga diingat bahwa zakat fitrah wajib dikeluarkan dalam bulan ramadhan paling lambat sebelum melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri.

Oleh sebab itu saya menilai pertemuan siang ini merupakan momemtum startegis dalam upaya untuk menetapkan nilai konversi zakat fitrah untuk tahun 1438 H, mari kita rumuskan secara kolektif nilai konversi zakat fitrah untuk Kab.Lima Puluh Kota berdasarkan berbagai pertimbanng yang ada, baik aspek sosiologis, inflansi daerah dan faktor –faktor lainya yang pastinya memperngaruh daya beli masyarakat secara umum.

Atas nama pribadi dan pimpinan saya sampaikan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada seluruh kalangan yang hadir pada kesempatan ini. Kehadiran Bapak/Ibu dengan sendirinya telah memudahkan Kemenag Lima Puluh Kota dalam menjalan perananya, tungkas pengiat pondok pesantren ini.

Sementara itu Naharudin Kasi Bimas Islam Kemenag Lima Puluh Kota menjelaskan, rapat ini sengaja dilaksanakan di minggu kedua ramadhan ini, dengan harapan hasilnya dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas. Kewajiban zakat fitrah tentu juga harus sesuai dengan kemampuan ekonomi masing-masing, oleh sebab itu rapat akhirnya memutuskan nilai konversi zakat fitrah 1438 H dibagi menjadi empat katagori. Sehingga masyarakat dapat merujuk nilainya sesuai dengan kualitas beras yang dikonsumsi sehari-hari, terang Bapak mudah senyum ini.

Berikut nilai konversi zakat fitrah 1438 H untuk daerah Lima Puluh Kota, kualitas beras I Rp.37.000, kualitas beras II Rp.35.000, kualitas beras III Rp.33.000 dan kualitas beras IV Rp.27.000. nominal tersebut ditetapkan setelah melihat harga beras dipasaran dengan harga tertinggi 15.000/kg dan harga terendah Rp.10.000/kg untuk beras raskin. Disisi lain juga disampaikan bahwa fakir dan miskim merupakan sasaran utama dalam zakat fitrah, simpul kolektor batu akik ini. (APP|ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW