Logo
MAN 2 Payakumbuh Sebar Siswanya Berdakwah Selama Ramadhan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

MAN 2 Payakumbuh Sebar Siswanya Berdakwah Selama Ramadhan

payakumbuh Kamis 15, Juni 2017 | 02:26:31 wib

Payakumbuh,Inmas--Setelah sebelumnya, santri Ponpes Syech Ibrahim Harun hadir di Mushalla Baiturrahmah kelurahan Sawah Padang Aur Kuning Kec. Payakumbuh Selatan. Malam ini kembali Seksi Dakwah mushalla ini mengumumkan bahwa yang akan menyampaikan tausiyah dan santapan rohani dibawakan oleh siswa MAN 2 Payakumbuh. Walau di mushalla ini sebenarnya sudah ditetapkan jadwal penceramah, namun pengurus tidak menutup diri untuk memberikan peluang terhadap penceramah muda mengeksplor bakatnya berceramah di depan jemaah. Intinya malam ini di Mushalla Baiturahmah ada 2 penceramah.

Adalah Zarlindra Sandri, siswi kelas XI MIA 6 MAN 2 Payakumbuh mendapatkan surat tugas dari Kepala MAN 2 Payakumbuh untuk menyampaikan santapan rohani Qiyamul Lail Ramadhan 1438 H di Mushalla Baiturrahmah (14/06). Zarlindra yang kerap disapa Ilen ini berdomisili di keluarahan dimana mushalla ini berdiri. Setelah mendirikan shalat Isya berjemaah, kepada jemaah tetap Mushalla Baiturrahmah Sawah Padang, Ilen menyampaikan santapan rohani bertema "Lebih Baik Bersyukur, Bersyukur Lebih Baik" dengan mengambil dasar ceramah Surat Ibrahim ayat 7. Dengan penuh percaya diri, Ilen tampil maksimal dalam menyampaikan ceramahnya di depan jemaah.

Penampilan Ilen diapresiasi oleh penceramah kedua yaitunya H. Afriwan, M.Pd yang kesehariannya bertugas sebagai kepala dan Guru PAI di SMK Kosgoro Payakumbuh. 

"Ini akan kita jadikan rujukan, sehingganya tahun ajaran 2017 / 2018 mendatang, kami sebagai Guru PAI akan berusaha mengambil pelajaran dari program yang diterapkan MAN 2 Payakumbuh, sehingga siswa SMK kita, juga memiliki kader ulama ke depangnya," ungkap Afriwan kepada jemaah.

Sebagaimana biasanya, pengurus mushalla telah menyiapkan sedikit dana ala kadarnya untuk penceramah, sebagai pengganti transpor dan dana pembinaan, termasuk kepada Zarlindra Sadri. Pengurus berharap supaya Zarlindra Sadri terus menggali dan memperdalam ilmu berdakwah di depan umum, sehingga kelak akan lahir penerus estafet para ustadz dan ustadazah dari kelurahan Sawah Padang ini.

Kegiatan malam ini dilanjutkan dengan pelaksanaan shalat tarwih dan witir berjemaah yang diimami oleh penceramah kedua, H. Afriwan, M.Pd.

Merasa penasaran, kami mencoba menghubungi Kepala MAN 2  Payakumbuh, H. Alex Sandra, melalui selulernya, namun kami tidak dapat berkomunikasi.Kemudian kami mencoba menghubungi Waka Bagian Kesiswaan, Nora Delfianis.

Nora Delfianis mewakili kepala madrasah membenarkan, "bahwa ada sekitar 800 orang siswa kelas X dan XI telah kita sebar untuk melakukan praktek lapangan dalam berdakwah dan mereka telah kita lengkapi dengan surat tugas. Masing-masing mereka mesti memberikan santapan rohani minimal 5 kali selama bulan Ramadhan, baik di kampung domisili maupun di wilayah Payakumbuh. Karena sekitar 70 % siswa kita berasal dari luar Kota Payakumbuh. Selama ini, siswa kita telah menerima dasar berceramah di depan umum dan telah mempraktekkannya di madrasah. Sekarang mereka sengaja kita utus untuk mengembangkan diri berceramah di depan jemaah, dan ini masih dalam program Pesantren Ramadhan yang sedang kita jalankan di madrasah," terang Nora Delfianis.

Setelah sebelumnya, MAN 2 Payakumbuh sukses dengan program rutin "MAN 2 Payakumbuh Peduli K3 Mesjid dan Mushalla" dengan melakukan bakti sosial membersihkan lingkungan mesjid dan mushalla yang ada di Luak Limopuluah, sekarang MAN 2 Payakumbuh melanjutkan Program "MAN 2 Payakumbuh Berdakwah" sebagai aplikasi PBM keagamaan di bidang dakwah, dengan menerjunkan siswa untuk berdakwah di tengah masyarakat selama bulan suci Ramadhan.(ul/Rina)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW