Logo
MIN Ampek Suku Tungkar Anjurkan Orang Tua Untuk Terima Rapor Siswa - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

MIN Ampek Suku Tungkar Anjurkan Orang Tua Untuk Terima Rapor Siswa

MIN Ampek Suku Tungkar Sabtu 17, Juni 2017 | 10:51:02 wib

Sarilamak (Inmas)-Sekolah merupakan salah satu  lembaga pendidikan formal bagi peserta didik untuk dapat mengembangkan diri dan memperoleh pendidikan serta keterampilan. Peserta didik sebagai subjek didik merupakan pribadi-pribadi unik dengan segala karakteristiknya. Sebagai pribadi yang unik, terdapat perbedaan individual antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lainnya. Peserta didik sebagai individu yang dinamis dan berada dalam proses perkembangan, senantiasa mengalami perubahan tingkah laku sebagai hasil proses belajar.

Hal tersebut merupakan beberapa aspek psikologis dalam pendidikan yang bersumber dari peserta didik sebagai subjek didik dan dapat menimbulkan berbagai masalah. Dalam menghadapi masalah-masalah psikologisnya peserta didik perlu mendapatkan bantuan untuk dapat memecahkannya.

Kepemimpinan Kepala Madrasah juga diperlukan motivasi kerja yang tinggi, dan peran Majelis Guru  dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sehingga guru bekerja dengan penuh semangat, sungguh-sungguh, ikhlas dan disiplin. Selain itu peran orang tua sangatlah penting akan pendidikan anaknya. Dengan arti guru yang ada dirumah, karena pendidikan bukan hanya ada disekolah tetapi pendidikan dirumah sangatlah penting untuk masa depan siswa.

Berdasarkan dari Kelender Pendidikan, MIN Ampek Suku Tungkar melaksanakan pembagian Rapor Semester II  TP 2016/2017 kenaikan kelas yang jatuh pada Sabtu tanggal 17 Juni 2017. Sebanyak 231 siswa dari kelas I s/d kelas VI menerima rapor pada hari ini, dan pengumuman peringkat kelas. Pembagian rapor bukan hanya memberikan hasil nilai yang diperoleh siswa dalam belajar sehari-hari disekolah kepada orang tua, tetapi kehadiran orang tua sangat dianjurkan karena wali kelas bisa berkonsultasi langsung dengan orang tua siswa tentang kondisi anaknya disekolah. Jadi para orang tua bisa mengetahui kondisi anaknya dalam proses belajar mengajar disekolah. Jadi orang tua bisa mengawasi anaknya dirumah agar bisa meningkatkan cara belajar siswa dirumah, kerena pengaruh dari luar sangatlah banyak di era modern ini.

Tidak hanya peringkat kelas diumumkan oleh Madrasah, tapi juara umum juga diberikan. Diantaranya juara umum dari kelas I s/d kelas II dan juara umum dari kelas III s/d kelas V. Bagi siswa yang mendapatkan juara umum, pihak sekolah memberikan tropi bergilir masing-masing juara umum. Dan jika siswa tersebut telah mendapatkan juara umum tiga kali berturut-turut maka pihak sekolah melepas tropi tersebut kepada siswa dan menjadi hak milik siswa. Tujuan pihak Madrasah melakukan ini supaya memberikan motifasi belajar yang rajin dan berlomba-lomba mendapatkan juara umum tersebut.

Setelah pengumuman juara kelas diumumkan, plt Kepala Madrasah (Syafriadi, S.Pd I) memberikan motifasi kepada siswa dan penyampaian kepada orang tua. Dalam penyampaiannya “orang tua sangat berperan penting dalam mengawasi anaknya dirumah agar anak kita tidak malas belajar dan memberikan semangat belajar, karena belajar tidak hanya disekolah tapi dirumah juga. Kalau tidak kita siapa lagi”( Syafriadi, S.Pd I). Selain itu plt Kepala Madrasah yang biasa dipanggil Pak Cap juga menyampaikan kepada siswa kapan masuk sekolah kembali agar siswa dan orang tua tidak lupa pengumuman tersebut.(Andriansyah M)|Mira

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW