Logo
Kakanwil Dampingi JCH Kloter 2 Hingga Tangga Pesawat - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kakanwil Dampingi JCH Kloter 2 Hingga Tangga Pesawat

Efrian Minggu 30, Juli 2017 | 11:32:20 wib

Padang, (Inmas) -  Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter 2 Embarkasi Padang secara resmi dilepas Ketua DPRD Sumbar Jum’at (28/7) malam. JCH kloter 2 berjumlah 390 orang berasal dari Kabupaten Agam.

Dalam laporannya ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kakanwil Kemenag Sumbar melalui Pelaksana Harian (plh) Kepala Bidang Penyeleggara Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kanwil Kemenag Sumbar H. Syamsuir menyampaikan sebanyak  3 orang JCH kloter 2 ditunda keberangkatannya karena sakit. “Jika tidak ada halangan, kemungkinan 3 orang ini akan diberangkatkan pada kloter berikutnya”, terang Syamsuir.

Tepat pukul 09.00 WIB, Jemaah yang sudah menginap semalam ini di asrama haji Embarkasi Padang ini tampak sudah memenuhi aula keberangkatan. Di aula keberangkatan, dilakukan proses pemindaian barang bawaan Jemaah melalui mesin X-ray, pembagian passport dan boarding pass. Menurut panitia dari dinas Perhubungan, barang bawaan yang disita mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. “Ini menandakan bahwa kesadaran Jemaah terhadap keselamatan penerbangan semakin meningkat”, ujar wanita yang tidak mau disebutkan namanya ini.

Sebanyak 9 (Sembilan) bus ditambah 1 (satu) bus cadangan disiapkan Garuda Indonesia untuk mengangkut Jemaah dari asrama haji embarkasi Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Tepat pukul 12.00 WIB, iring – iringan bus yang membawa tamu Allah ini mulai bergerak menuju BIM dikawal 1 Vorjrider dan 1 mobil informasi. Masyarakat Kota Padang yang dilalui Bus Jemaah tampak antusias dan melambaikan tangan ikut mendoakan keselamatan Jemaah.

Setibanya di BIM, satu persatu bus ukuran besar itu mulai beranjak menuju tangga pesawat. Kakanwil Kemenag Sumbar H. Salman didampingi plh. Kabid PHU H. Syamsuir pun ikut mendampingi Jemaah dari asrama haji hingga menuju tangga pesawat. “Hal ini dilakukan untuk memantau langsung pelayanan terhadap tamu Allah di lapangan”, ungkap Salman.

Salman menambahkan, sejauh penglihatan dan pemantauan langsung tidak ada kendala berarti yang ditemui di lapangan. “Mudah-mudahan semua (proses pelayanan Jemaah – red) bisa lancer hingga kloter 17 nanti”, harap Salman.

Kakanwil Bersama piminan tinggi Garuda Indonesia yang kebetulan datang memantau kesiapan maskapai milik pemerintah ini. Pada kesempatan itu Kakanwil didampingi sejumlah pejabat dari Garuda Indonesia dan crew sempat naik ke cockpit pesawat dan berbincang ringan dengan pramugari pesawat jenis Boeing 777 seri 300 ER ini. Setelah itu, Salman sempat mendampingi dan membantu mengangkat barang bawaan Jemaah menuju tangga pesawat. Pesawat dengan nomor penerbangan GA 1002 ini take off tepat pada pukul 14.35 WIB. (ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW