Logo
Dua JCH Kloter 4 Asal Bengkulu Batal Berangkat - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Dua JCH Kloter 4 Asal Bengkulu Batal Berangkat

Efrian Kamis 03, Agustus 2017 | 03:00:13 wib

Padang, (Inmas) – Selain memberangkatkan Jemaah Calon Haji (JCH) asal Sumatera Barat, Embarkasi Haji Padang juga memberangkatkan Jemaah yang berasal dari Provinsi Bengkulu. Sebagai embarkasi antara, JCH asal Provinsi yang terkenal dengan bunga Raflesia ini hanya transit di Bandara Internasonal Minangkabau (BIM) untuk kemudian diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia type Boeing 777 seri 300 ER.

Malam ini Selasa (1/8), satu persatu dari total 3 pesawat yang membawa JCH kloter 4 yang berasal dari Bengkulu mendarat secara bergantian di bandara kebanggan milik Sumatera Barat. JCH kloter 4 berjumlah 389 berasal dari Kab. Bengkulu Selatan, Kab. Rejang Lebong, Kab. Kepahiang dan Kota Bengkulu. Petugas Kloter yang mendampingi JCH kloter 4 adalah A. Supani sebagai ketua kloter, H. Ali Muda sebagai pembimbing ibadah, dr. Nora Martavely sebagai dokter, serta dua orang paramedic yaitu Dedi Noprizal dan Lidya Macherini.

Jemaah termuda pada kloter 4 tercatat atas nama Ekonur Saputro Laksono dengan usia 28 tahun. Sedangkan Jemaah tertua atas nama Hamidar Ariani Duraman dengan usia 93 tahun.

Menurut pantauan langsung di BIM, usai mendarat, para Jemaah langsung diperiksa kesehatannya. Beberapa Jemaah berusia lanjut tampak mendapatkan perawatan intensif dari tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) cabang BIM karena mengalami kelelahan. Salah satu yang mendapatkan perawatan adalah Rifai Ali Nusin (69 tahun) dengan nomor manifest 46. Rifai mengalami sesak nafas sesaat usai mendarat dan terpaksa dibantu menggunakan bantuan oksigen.

Karena bantuan oksigen masih belum cukup membantu dan ditambah kekurangan darah, Rifai terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang. Didampingi istri dan sejumlah petugas KKP Rifai dilarikan dengan ambulance. Karena proses pemulihan yang memakan waktu yang lama, penanggungjawab bidang kesehatan PPIH Embarkasi Padang dr. Aryanti menyatakan Rifai Ali Nusin ditunda keberangkatannya. Karena ingin mendampingi suaminya yang sakit, sang istri Mariana Ali Asar ikut batal berangkat. Dengan batalnya 2 orang ini, jumlah JCH kloter 4 yang berangkat menjadi 387 orang. Pesawat dengan nomor penerbangan GIA 3304 take off sesuai jadwal Rabu (2/8) pukul 02.15 WIB. (ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW