Logo
Ponpes Thawalib Gunung Gelar Pembekalan Kepramukaan - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Ponpes Thawalib Gunung Gelar Pembekalan Kepramukaan

Emi Ratna Aprilana Sabtu 12, Agustus 2017 | 18:42:10 wib

Padang Panjang, (Inmas) - Seragam coklat Pramuka berbaur dengan warna khas hijau TNI mewarnai kegiatan yang diselenggarakan untuk membekali para calon pembantu pembina tingkat penegak Sabtu (12/8). Pondok Pesantren Thawalib Gunung gelar pembekalan kepramukaan dimulai pukul 08.30 WIB diikuti oleh 31 peserta. Narasumber sesi pertama diisi oleh Kapten Inf. Yasril Manan Danramil 01 Padang Panjang yang membahas tentang pentingnya Bela Negara. Kapten memaparkan bahwa bela negara adalah tekad, sikap dan perilaku warga negara sebagai wujud cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejarah Pramuka dan Kode Kehormatan merupakan materi selanjutnya yang disampaikan oleh Kak Muliyadi Thoib yang menitikberatkan pada penjelasan tentang pionir-pionir pendiri pramuka dunia dan Indonesia. Sesi terakhir ditutup dengan materi kepemimpinan dan administrasi Gudep yang disampaikan oleh Kak Pura  Angga Seri. Kepemimpinan merupakan pijakan awal dalam berjalannya roda organisasi. " Mudah-mudahan dengan kegiatan ini semakin memupuk rasa cinta tanah air dan bela bangsa, serta menambah pengetahuan dalam kepramukaan sebagai bekal menjadi seorang pembina yang tut wuri handayani" ungkap Iffah dan Helga.

Para pramuka muda tampak antusias ikuti pembekalan yang digelar 12 s.d 13 Agustus 2017. Mereka berani tampil di depan ikuti instruksi dan unjuk kreativitas menjadi pramuka sejati sesuai tema pembekalan "ikhlas bakti bina bangsa berbudi bawa laksana".  Hal ini seirama dengan motivasi H. Mahfuz Mustia untuk menyiapkan pendidik-pendidik kepramukaan yang tangguh dan santun sesuai dengan Dasa Dharma. (Angga/Emie|ef)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW