Logo
Peringatan 1 Muharram Momentum Evaluasi dan Proyeksi - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Peringatan 1 Muharram Momentum Evaluasi dan Proyeksi

lima puluh kota Jumat 22, September 2017 | 09:08:09 wib

Sarilamak (Inmas)-Pemerintah Daereh Lima Puluh Kota melaksanakan puncak peringat 1 Muharram 1439 H dalam bentuk kegiatan Apel Akbar 1 Muharam yang dipusatkan di lapangan Tanjung Jati, Kecamatan Guguak. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 110 lembaga MDTA se-Kab.Lima Puluh Kota, ratusan guru MDTA dan ribuan peserta didik MDTA. Disamping dihadiri oleh H.Irfendi Arbi Bupati Lima Puluh Kota, Kepala SKPD, Pimpinan Ormas Ke-Agamaan, tokoh masyarakat dan ulama. H.Ramza Husmen Kakan Kemenag Lima Puluh Kota didaulat menjadi Inspektur Apel Akbar tersebut.

Dalam amantanya Ramza menjelaskan bahwa semangat Hijrah yang merupakan bagian dari spirit tahun baru Islam harus terus disyiarkan kepada umat, ini merupakan momentum strategis bagi kita semua untuk hijrah meningalkan segala kekurangan menuju kebaikan, melepaskan segala keburukan menuju sesuatu yang baik.

Mudah-mudahan kegiatan Apel Akbar ini tidak hanya sebatas kegiatan seremonial belaka, saya berharap agar subtansi dan makna dari kegiatan ini dapat kita bumikan secara bersama-sama harap, putra kamang ini.

Ramza melanjutkan, atas nama pimpinan Kemenag Lima Puluh Kota dan pribadi saya “menyampaikan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah yang memiliki komitmen kuat dalam mensyiarkan kegiatan keagamaan di daerah yang kita cintai ini. Dibawah kepemimpian Irfendi Arbi dan Ferizal Ridwan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, saya merasa sangat terbantu dalam mewujudakan Visi dan Misi Kementerian Agama, oleh sebab itu sekali lagi dari lubuk hati yang paling dalam izinkan saya untuk menyampaikan apresiasi serta rasa bangga sekaligus terimakasih kepada Pemerintah Daerah, tungkas Ramza.

Senada dengan itu Irfendi Arbi Bupati Lima Puluh Kota menjelaskan, “Peringatan Tahun Baru Islam seperti ini, dapat kita jadikan wahana untuk melakukan perbaikan diri dengan berinstropeksi terhadap apa yang sudah dan belum kita lakukan. ”Saya mengajak seluruh masyarakat Lima Puluh Kota untuk menjadikan peringatan 1 Muharram sebagai momentum terbaik untuk merenung sekaligus melakukan proyeksi atas peranan pengabdian yang kita lakukan selama ini. Apakah pengadian kita selama ini sudah sesuai dengan cita-cita kebangsaan, keagamaan dan tentunya cita-cita daerah kita, jelas lulusan Fakultas pertanian ini.

Melalui momentum strategis ini juga saya mengajak seluruh masyrakat untuk tampil menjadi pelopor kehidupan beragama yang baik, menumbuhkan sikap salaing membantu satu sama lainya, menjadi pribadi-pribadi yang memiliki kepekaan sosial yang tinggi dalam bingkai NKRI, jelas Bupati.

Bupati melanjutkan, Benar, muhasabah harus kita lakukan sepanjang waktu, hari demi hari, bahkan detik demi detik. Tapi setidaknya, pergantian tahun baru Islam menjadi “momentum tahunan” muhasabah kita bersama, simpul Bupati. (APP)\Mira

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW