Logo
Raih Juara Umum di MAN Insan Cendekia, Alumni MTsN GBS Bagi Pengalaman - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Raih Juara Umum di MAN Insan Cendekia, Alumni MTsN GBS Bagi Pengalaman

MTsN Gadut Bunga Setangkai Sabtu 24, Desember 2016 | 22:59:57 wib

Gadut Bunga Setangkai, (Inmas)--Hari terakhir kegiatan madrasah, Sabtu ( 24/12), MTsN Gadut Bunga Setangkai (GBS) kedatangan alumni, Fadil Alkarim. Suasana pagi yang dingin terasa hangat ketika, lelaki kelahiran Pakan Sabtu , 28 Mei 2000 ini berbagi pengalaman belajarnya selama menimba ilmu di MAN Insan Cendekia ( IC) Padang Pariaman Propinsi Sumatera Barat, sehingga mampu meraih juara umum pada semester ganjil ini.

Kedatangan Fadil disambut hangat oleh majelis guru dan para siswa yang sedang berbaris di lapangan untuk apel pagi. Pada kesempatan tersebut, Fadil diminta membagi pengalaman belajarnya secara langsung  dihadapan para siswa kelas VII, VIII, dan IX.

Dalam sambutannya Fadil mengungkapkan bahwa kunci dari keberhasilan belajarnya adalah rukun Islam, terutama dalam menunaikan shalat.  Shalat adalah kunci kesuksesan. Selain shalat 5 waktu, perbanyak shalat sunat, terutama tahajud dan Duha. Waktu yang baik untuk belajar adalah selesai shalat Tahajud hingga masuknya waktu shalat Subuh.

Lebih lanjut, mantan ketua OSIS MTsN GBS periode 2014/2015 ini juga menambahkan bahwa Selain shalat, agar otak cerdas, perbanyaklah hafalan qur’an. “ Agar sukses itu perbanyak shalat, hafal qur’an, Insya Allah cerdas” tegas Fadil di akhir sambutannya, yang langsung disambut tepuk tangan dari seluruh siswa yang hadir pagi itu.

Wakil kesiswaan, Noviar, mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Fadil. Dalam kesempatan yang sama, Noviar menuturkan bahwa meskipun madrasah kita kecil, terletak pinggir kota, namun masih mampu menghasilkan siswa yang berprestasi, apalagi sama-sama diketahui, untuk masuk ke MAN IC tersebut tidaklah mudah. Peminatnya cukup banyak, antar daerah di Indonesia, terutama di Sumatera Barat bersaing ketat untuk dapat diterima di madrasah tersebut.

Noviar juga berharap, pengalaman Fadil sangat memotivasi para siswa yang sedang menimba ilmu di MTsN GBS. Alumni IAIN Imam Bonjol ini mengharapkan juga agar Fadil selalu giat dalam belajar dan mempertahankan prestasinya.

Menilik kembali perjalanan hidup remaja yang sehari-hari dipanggil dengan Fadil ini membuka lembaran beberapa kisah menarik. Fadil tumbuh dari keluraga sederhana. Walaupun pekerjaan ayahnya seorang petani, namun semangat belajar dan prestasi yang pernah diraihnya tidak dapat dipandang sebelah mata. Alumni SD 05 Mungo, Kabupaten Lima Puluh Kota ini merupakan anak pertama dari 3 bersaudara.  Sejak SD selalu meraih juara pertama. Karena prestasinya yang luar biasa, sebelum Fadil lulus SD, beberapa sekolah banyak yang “ mencater” Fadil agar mau menimba ilmu di sekolah tersebut tanpa tes, namun pilihannya jatuh kepada MTsN GBS.

Setelah melanjutkan pendidikannya di MTsN GBS, Fadil juga selalu meraih juara umum. Sampai menamatkan diri dari MTsN yang berlabel MTsN 04 Kabupaten Limapuluhkota ini, tidak ada yang mampu menggeser posisinya. Selain bidang akademik, Fadil juga banyak meraih prestasi dalam bidang Sains. ( Femel)|DW

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW