Logo
Kemenag Sambut Baik Hari Jadi Kab Solok ke 102 - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kemenag Sambut Baik Hari Jadi Kab Solok ke 102

kabupaten solok Kamis 09, April 2015 | 08:57:46 wib

Koto Baru, Inmas--Hari ini (9/4) Kabupaten Solok genap berusia 102 tahun. Dasar peringatan tanggal 9 April ini penetapan nama Solok sebagai wilayah administratif / afedeling dalam besluit kemudian dimuat di dalam "Staatsblad van Nederlandsch-Indie". Sejak ditetapkannya nama Solok tahun 1913.

Kemudian tahun 1970 Solok dibagi lagi menjadi dua bagian yakni Kabupaten Solok dan Kota Solok terakhir tahun 2004 Kabupaten Solok juga dimekarkan dengan berdirinya Kabupaten Solok Selatan. Demikian cuplikan sejarah Kabupaten Solok yang disampaikan Kasubag TU H. Syamsir, dalam apel pagi di gedung hijau 73.

Lebih lanjut H. Syamsir mengatakan, sengaja cuplikan sejarah ini dibacakan agar masyarakat tahu bagaimana perkembangan daerah ini dari waktu ke waktu serta dengan pemahaman sejarah ini akan lebih meningkatkan rasa pengabdian kita selaku aparatur negara.

Selain menguraikan secara singkat sejarah Kabupaten Solok, H. Syamsir juga menceritkan sejarah Kementerian Agama di Kabupaten Solok. Mulai dari Kantor bernama KUA Tingkat Dua dengan ruang kerja menumpang pada salah ruang di Kantor Kodim Solok.

Kemudian menjadi Jawatan Keagamaan dengan ruang kerja menumpang di Kantor dan Rumah Dinas Bupati. pernah juga berkantor pada salah satu ruangan di masjid Al Furqan hingga pindah ke Gedung Hijau 73 sekarang pada bulan Februari 1982.

Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Solok ke 102 ini H. Syamsir mengajak seluruh jajatran Kemenag untuk ikut membangun dan memajukan daerah dengan menularkan Semangat Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama ditengah masyarakat.

Diawali dengan menjaga integritas kehidupan beragama sebagai interaksi sosial dan kemasyarakatan, bersikap profesional dalam bekerja dan pelayanan, menciptakan inovasi untuk kemudahan dan pengabdian serta bertanggung atas apa yang dikerjakan dan menjadi teladan ditengah masyarakat. Fendi/Rina

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW