Logo
Pembukaan MTQ Kota Sawahlunto Ditandai Pemukulan Beduk - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Pembukaan MTQ Kota Sawahlunto Ditandai Pemukulan Beduk

sawahlunto Rabu 14, Desember 2016 | 17:01:28 wib

Sawahlunto, (Inmas)-Pelaksanaan acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-43 Kota Sawahlunto ditandai dengan pemukulan Beduk secara bersama-sama oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan H.Jefrinal, didampingi Kepala Bidang Penais Zawa Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat H.Maswar serta Walikota Ali Yusuf di Lapangan Bola Kaki PTBA UPO, pagi tadi, Rabu (14/12).

Menjelang dibuka secara resmi, ratusan peserta arak-arakan kafilah Kecamatan Barangin, Talawi, Lembah Segar dan Kecamatan Silungkang dilepas oleh Sekretaris daerah Pemko Sawahlunto Rovanly Abdams dekat Masjid Agung Nurul Islam atau disamping Kediaman Rumah Dinas Walikota Sawahlunto. Pawai dengan iringan atraksi Drumband SDIT Air Dingin itu menempuh rute singkat melewati pasar dan finish di Arena utama lapangan bola kaki dimaksud.

Ketua Panitia pelaksana Adi Iktibar menjelaskan, MTQ tingkat Kota tahun ini diikuti lebih 400 orang peserta dengan 10 cabang lomba. Selanjutnya, Kecamatan Lembah selaku tuan rumah menyediakan penginapan kafilah di beberapa homestay maupun lokasi lomba di berbagai masjid dan sekolah dasar yang berada di sekitar pusat kota. Wakil ketua DPRD dari Fraksi PPP itu pun menambahkan, seluruh biaya musabaqah didanai langsung melalui APBD Kota. Walikota Sawahlunto tak bosan-bosannya mengajak warga menggiatkan magrib mengaji maupun subuh berjamaah di tempat masing-masing.

Dalam sambutannya Wako mengingatkan dewan hakim untuk bersikap netral dalam memberikan penilaian kepada peserta demi menemukan kafilah terbaik yang bisa berkompetisi pada MTQ tingkat Provinsi Sumbar tahun mendatang di Kota Pariaman. Selanjutnya, Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf, H. Maswar mewakili Kakanwil Kemenag Sumbar mengemukakan, MTQ merupakan evaluasi untuk mengukur sejauh mana peserta mampu menguasai Al-Quran dan selain itu dapat menambah wawasan keilmuan. Kabid juga berharap, MTQ tidak sekedar acara seremonial belaka melainkan bisa mendorong membangun masyarakat religius dengan cara-cara religius pula.

Kabid pun memberikan apresiasi kepada Sawahlunto dengan adanya lomba penyelenggaraan jenazah. Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kantor Gubernur Sumbar, H. Jefrinal saat membuka acara secara resmi menyampaikan, MTQ merupakan momentum untuk menjalin persaudaraan antar umat islam serta mampu menciptakan suasana religius. Ia pun mengingatkan, Kota Sawahlunto termasuk kafilah diperhitungkan pada setiap musabaqah tingkat provinsi. Kemudian Ia juga mengajak masyarakat membudayakan setiap hari lantunan Al-Quran. Selain pawai ta’ruf, pembukaan MTQ yang dihadiri oleh beberapa pejabat daerah termasuk Kepala Kantor Kementerian Agama H.Ramza Husmen beserta Muspika Kecamatan berakhir menjelang masuknya shalat zhuhur itu juga diselingi dengan penampilan Gambus Al-Ikhwan Desa Talago Gunung serta Puitisasi dari Grup Sanggar Kesenian Kuali Kota Sawahlunto. (f@hmi)|Mira

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW