Logo
Kembali, Siswa MAN 2 Payakumbuh Torehkan Prestasi - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kembali, Siswa MAN 2 Payakumbuh Torehkan Prestasi

payakumbuh Kamis 23, Februari 2017 | 22:19:33 wib

Payakumbuh (Inmas)--Salah satu Universitas Negeri terkemuka Universitas Andalas (Unand) Padang menggelar Festival Bahasa dan Sastra Indonesia (Sasindo) yang diikuti seluruh siswa SLTA/SMK/MA se Sumatera Barat. egiatan yang digelar Rektor Unand Padang Tafdil Husni melalui Dekan Fakultas Ilmu Budaya Gusti Adnan berlangsung tanggal 20-21 Februari 2017 di gedung Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Kampus Unand Limau Manis Padang.

MAN 2 Payakumbuh tak mau ketinggalan dalam even tingkat provinsi ini, Kepala MAN 2 Payakumbuh Alex Sandra sengaja menyiapkan strategi dengan mengumpulkan Wakil Kepala (Waka) dan guru mata pelajaran bahasa indonesia dan sastra serta guru mapel bahasa inggris, karena dalam waktu bersamaan STKIP PGRI Gunung Pangilun Padang juga mengadakan lomba bahasa inggris tingkat SLTA se Sumatera Barat.

Berdasarkan hasil mufakat kepala MAN 2 Payakumbuh mengutus sebanyak 17 orang siswa yang didampingi guru Rusyda Yeni, Sasrianti, Zulhilman dan Meirihana. Rombongan MAN 2 Payakumbuh berangkat ke Padang menggunakan bus madrasah yang dilepas langsung dengan do'a dari kepala madrasah Alex Sandra bersama majelis guru.

Setelah sampai di lokasi lomba, para siswa yang telah ditunjuk untuk mengikuti cabang lomba menuju lokasi didampingi guru pembimbing. Perlombaan Bahasa Inggris yang digelar STKIP PGRI, MAN 2 Payakumbuh mesti legowo dengan peringkat 3 yang diraih Dinda siswa kelas XI di MAN 2 Payakumbuh.

Adapun festival Sasindo Unand, MAN 2 Payakumbuh menyabet 5 prestasi dari 6 cabang lomba yang diikuti, yaitu juara 1 Olimpiade bahasa dan sastra diraih Annisa Salsabila, Juara 2 Menulis Essai diraih Raju Ade Kha Uadde Rahman, Juara 3 puisi kreatif, Siti Lusia. Dan perlombaan dalam bentuk kelompok atau grup, Musikalisasi puisi grup, juara 1 diraih siswa sman Suliki Kab. 50 Kota dan MAN 2 Payakumbuh juara 3 diraih Faiz Alghifary dan kawan-kawa. Juara 3 KTI bergrup diraih Raju Ade Rahman dan Mita Agusmi Elvia.

Payakumbuh harus mengalah dengan sekolah unggulan SMA 1 dan 10 Kota Padang, Kota Padang Panjang dan Kab. Sijunjung. Dan lomba menulis cerpen, MAN 2 Kota Payakumbuh tereliminasi dibabak penyisihan.

Penyerahan hadiah dilakukan Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia Gusti Adnan. Gusti Adnan sangat apresiasi sekali dengan penampilan bakat dan minat para siswa tingkat SLTA se Sumatera Barat, khusunya yang ikut dalan Festival Sasindo Unand ini, dengan penuh semangat sportifitas yang tinggi.

Disamping berkompetisi, kegiatan ini juga bertujuan publikasi kampus untuk memancing minat siswa tingkat SLTA untuk melanjutkan pendidikannya di Unand yang kita cintai ini, dan memperjuangkan universitas yang sudah tergolong 10 besar terhebat di Indonesia yang mempunyai ciri khas keminangkabauannya.

Kabar terkait sudah diberitakan langsung kepada kepala madrasah oleh guru pembimbing. Para siswa dan guru pendamping punya dengan perasaan sukacita, walau ada yang tereliminasi. Sebelum kembali ke Payakumbuh, para siswa disuguhi refreshing dengan mampir ke Pantai Padang. (deri/ul/Rina)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW