Logo
MTsS PP Rantau Panjang Tingkatkan Kemampuan Bahasa Siswa Melaui Muhadatsah - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

MTsS PP Rantau Panjang Tingkatkan Kemampuan Bahasa Siswa Melaui Muhadatsah

Alfhia Parma Kamis 06, Oktober 2016 | 14:12:12 wib

Sarilamak (Inmas)--Belajar tanpa praktek tentunya tidaklah efektif. Apalagi dalam pelajaran bahasa arab dan bahasa inggris yang dianggap sulit bagi Peserta Didik. Olehkarena itu sejak tahun ajaran 2016-2017 dimulai, terobosan baru untuk mengadakan kegiatan muhadatsah pun dilakukan di MTsS Rantau Panjang.

Dihubungi diruang kerjanya, Kamis (6/10), Edi Aswadi, Kepala MTsS Rantau Panjang  menjelaskan, kegiatan muhadatsah ini merupakan upaya madrasah dalam meningktkan kemampuan bahasa pserta didik, melalui kegiatan ini peserta didik didorong untuk memiliki sebanyak mungkin kosa kata dalam bahasa arab dan inggeris. Menukuk dijelaskan MTsS Rantau Panjang secra umum telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrsah ini.

Ke depanya kita berharap, para peserta didik dapat berkomunikasi aktif dengan dua bahasa tersebut, hal ini penting karena tantangan persaingan generasi kedepanya sangat kompoyitif, jadi kita harus bekali lulusan MtsS Rantau Panjang dengan kemampuan bahasa yang baik. Kuasailah bahasa niscaya kamu menguasai duni, pungkas Edi Aswandi.  

Kegiatan yang dikoordinatori oleh Ustad Doni Rahmat ini tidaklah mudah di awalnya. Apalagi bagi Peserta Didik, karena tidak semua Peserta Didik tinggal di asrama Madrasah, mereka cukup kesulitan untuk bisa tepat waktu mengikuti kegiatan yang dilakukan setiap hari senin sampai kamis pada jam 7.10-7.30 ini. Namun seiring berjalannya waktu, dengan segala kebijakan yang diambil pihak sekolah, akhirnya kegiatan ini dapat berjalan semakin baik.

Sekalipun kegiatan ini baru efektif  dua bulan terakhir namun sudah membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini ditunjukkan dengan kosa kata Peserta Didik yang semakin banyak. Bahkan dalam bercanda pun terselip penggunaan bahasa arab atau bahasa inggris yang mereka dapat saat muhadatsah.

“Alhamdulillah sudah ada kemajuan “, kata Vivi  salah seorang guru Pembina, setelah membina muhadatsah pagi ini kamis, (6/10), pengajar bahasa Inggris di MTsS Rantau Panjang. Sedangkan salah satu Peserta Didik, Yuni memaparkan bahwa ia merasa senang bisa menambah kosa kata setiap harinya. “Alhamdulillah, kosa kata saya bertambah, coba dari dulu kegiatan ini ada pasti lebih seru,” ucapnya sesaat setelah kegiatan muhadatsah dilaksanakan. (DK/APP/Rina)

 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW