Logo
Pengumpulan Data Sawahlunto Dalam Angka Online Tahun 2017 - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Pengumpulan Data Sawahlunto Dalam Angka Online Tahun 2017

sawahlunto Rabu 31, Agustus 2016 | 12:56:22 wib

Sawahlunto (Inmas)--Pengisian dan pengumpulan data Sawahlunto Dalam Angka melalui Satuan Perangkat Daerah maupun instansi vertikal termasuk Kementerian Agama untuk tahun 2017 akan dilakukan secara online.

Hal ini disampaikan Ristanto, Kepala Badan Statistik Kota Sawahlunto (BPS) sewaktu menyampaikan sambutan pelaksanaan kegiatan Forum Data Sawahlunto Tahap III terkait dengan verifikasi dan klarifikasi data penyusunan buku SDA tahun 2016 dan Kecamatan Dalam Angka (KDA) di Ruang Rapat Balaikota Sawahlunto, Rabu (31/8).

Selama ini sistem pengumpulan data yang dilakukan BPS melalui dinas/instansi masih bersifat manual begiupun pengecekan kebenaran data dilakukan melalui rapat rutin. Ditambahkannya, untuk tahun mendatang setiap pengelola data pada dinas/instansi akan diberikan admin khusus untuk menginput data secara online.

Sekedar diketahui, di Kota Sawahlunto validasi data diselenggarakan BPS bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah secara periodik dengan melibatkan seluruh dinas/instansi termasuk Badan Usaha Milik Negara. Validasi itu dilakukan guna mengecek kembali kebenaran data yang telah dihimpun BPS, dengan harapan data sebagai sumber utama informasi benar-benar menjadi rujukan dalam merencanakan atau evaluasi pembangunan.

Selama rapat berlangsung, hampir seluruh instansi terkait terlibat memberikan masukan, saran bahkan koreksi atas kesalahan data yang dihimpun BPS.

Menyangkut data Kementerian Agama tentang pendidikan madrasah, pengelola data dari Dinas Pendidikan meminta agar data tersebut tidak lagi dihimpun oleh mereka melainkan dilakukan Kemenag itu sendiri. Setelah dicermati secara bersama, akhirnya permintaan tersebut dikabulkan. (f@hmi/rina)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW