Logo
Aplikasi Gemmar Mengaji dinilai - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Aplikasi Gemmar Mengaji dinilai

Admin Sumbar Selasa 08, Oktober 2013 | 20:50:50 wib

Padang, Humas—Gerakan Masyarakat Magrib (GEMMAR) Mengaji yang dilaunching Menteri Agama H. Surya Dharma Ali pertengahan tahun 2011 lalu, merupakan salahsatu program unggulan Kementerian Agama yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Bahkan program GEMMAR Mengaji ini sudah menjadi icon atau simbol lembaga Ikhlas beramal yang bersinergi dengan Pemerintah Daerah mulai dari Kankemenag sampai ke KUA.

Tentu hal ini bukan sekedar rumusan atau program yang hanya tertulis di kertas atau terpajang di baliho/spanduk yang ada di hampir setiap Kantor Kemenag, KUA dan Madrasah. Untuk meninjau dan membuktikan program ini benar-benar teraplikasi di masyarakat, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat khususnya Bidang Penerangan Masyarakat Islam dan Zakat Wakaf (Penais Zawa) mengadakan mengadakan Penilaian Desa Binaan Gemmar Mengaji sekaligus Penilaian Perpustakaan Masjid tingkat Sumatera Barat.

Sebelum melakukan kunjungan ke Desa Binaan dan Pustaka Masjid perwakilan Kab/Kota, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumbar telah mengirimkan surat serta acuan atau Petunjuk Teknis (Juknis) penilaian. Untuk Desa Binaan acuannya antaralain, agenda rutin Masjid/Mushalla, TPQ/TPSQ, sarana ibadah masyarakat di rumah, kegiatan PHBI dan yang terpenting bagaimana pengamalan magrib mengajinya.

Sementara untuk Perpustakaan Masjid memiliki acuan diantaranya, Ruangan dan perlengkapan perpustakaan, Pengelolaan, Administrasi (meliputi; (bacaan, peminjaman dan pengembalian buku bacaan), Koleksi Pustaka, minat baca dan partisipasi masyarakat.  

Dalam penilaian ini Bidang Penaiszawa membentuk dua tim dalam kunjungan ke Kab/Kota satu tim menilai Desa Binaan Gemmar Mengaji dan satu tim lagi menilai Perpustakaan Masjid. Penilaian ini telah mulai dilakukan sejak tanggal 7/10 dan Dharmasraya adalah Kabupaten pertama yang dikunjungi kedua ini. Kunjungan perdana ini langsung dipimpin Drs. Zilwadi Kasi PHBI, penais Zawa, bersama Drs. Yohanes Kasi Penyuluh dan Amrizal, M. Ag dari Bidang PAKIS didampingi tim lain yang juga dari Kanwil Kemenag Sumbar. (Rina) 

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW