Logo
Kemenag Limapuluh Kota Gelar Manasik Haji Perdana, Jamaah Sangat Antusias - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

Kemenag Limapuluh Kota Gelar Manasik Haji Perdana, Jamaah Sangat Antusias

Alfhia Parma Rabu 21, Desember 2016 | 23:24:39 wib

Sarilamak, (Inmas)--Sebanyak 238 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupten Limapuluh Kota mengikuti manasik perdana diselenggarakan Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota di bawah koordinator seksi Penyelenggara Haji dan Umrah. Bertempat diaula Kemenag Limapuluh Kota pada Rabu (21/12) manasik dibuka Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota Ifkar, M. Ag.

Dalam sambutan dan arahannya Ifkar menegaskan bahwa jamaah Calon Haji Kabupaten Limapuluh Kota yang mengikuti manasik kali ini adalah Calon Jamaah Haji yang akan terus mendapatkan bimbingan dan arahan dari Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota sampai pemberangakatan nanti hingga kembali ketanah air. “ Bapak dan Ibu semua jangan ragu. InsyaAllah kami dari Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota akan menjadi Partner dalam menyelesaikan segala permasalah haji yang bapak dan ibu hadapi. Jangan ragu untuk bertanya jika ada masalah yang ditemui dalam pelaksanaan manasik haji”, jelas Ifkar. Ia juga menghimbau kepada jamaah untuk menjaga kesehatan.

“Dengan mengikuti manasik haji secara continue InsyaAllah bapak dan ibu akan paham seluk beluk pelaksanaan ibadah haji. Untuk itu saya menghimbau agar Jamaah Calon Haji semuanya untuk terus dan selalu menjaga kesehatan, mengkonsumsi asupan gizi yang lengkap. Semua materi yang nanti disuguhkan oleh para pemateri akan terus berkelanjutan. Jika Bapak ibu tidak selalu hadir dalam manasik haji, maka akan ada materi yang terputus. Untuk itu mari sama-sama kita ikuti manasik haji ini dengan baik. Semoga bapak ibu bisa melaksanakan manasik haji ini dengan maksimal”, tutup Ifkar.

Sementara itu Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Dawizar, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada semua Jamaah Calon Haji kabupaten Limapuluh Kota yang akan berangkat tahun 2017 nanti. “Bapak dan ibu semua adalah tamu Allah yang InsyaAllah akan merasakan nikmatnya menginjakkan kaki ditanah haram nanti. Saya selaku Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah mengucapakan selamat  kepada bapak dan ibu semua. Kami dengan segenap kemampuan akan melayani bapak dan ibu dalam proses manasik hingga keberangkatan jamaah nanti. Mari kita sama-sama mendukung pelaksanaan manasik ini. Semoga tidak ada halangan dan rintangan dalam pelaksanaan haji tahun depan dan semoga nantinya jamaah semua akan mendapatkan haji yang mabrur” urai Dawizar yang lansung diaminkan oleh seluruh jamaah.

Dawizar juga menghimbau kepada semua JCH untuk saling berbagi informasi terkait dengan manasik haji. “Kita semua memahami bahwa kebanyak dari CJH adalah yang berusia lanjut. Oleh sebab itu mari kita saling berbagi informasi dan saling mengingat antara sesama jamaah jika ada informasi yang kita terima. Jalin Shilaturrahim yang baik dan tingkatkan rasa tolong menolong. Hilangkan sifat egois yang akan memecah belah kebersamaan sesama jamaah”, tutup Dawizar.

Dari data yang ada pada Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, dari 13 Kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota terncatat jamaah yang paling banyak berasal dari Kecamatan Guguak yaitu 49 orang. Kecamatan berikutnya adalah Kecamatan Harau sebanyak 44 orang, dilanjutkan dengan Kecamatan Kapur IX 38 orang, Kecamatan Payakumbuh 29 orang, Kecamatan Luak 14 orang, Kecamatan Akabiluru dan Mungka 11 orang, Kecamatan Lareh Sago Halaban dan Pangkalan 9 orang, Kecamatan Suliki 8 orang, Kecamatan Gunuang Omeh 7 orang, Kecamatan Bukik Barisan 6 orang dan Kecamatan Situjuah Limo Nagari 3 orang. (Nina)|DW

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW