Logo
3 HARI 2 MALAM CJH DIINAPKAN - Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat

3 HARI 2 MALAM CJH DIINAPKAN

pasaman Kamis 06, Agustus 2015 | 07:00:00 wib

Pasaman, (Inmas) – “Sebanyak 138 calon jemaah haji Pasaman ikuti bimbingan manasik haji yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah selama tiga hari tanggal 5 sampai 7 Agustus,” kabar Kabag Kesra Ahmad Yani saat pembukaan acara bimbingan manasik massal di Mesjid Al Muttaqin Lubuk Sikaping Kamis (6/8).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu program pemda di bidang keagamaan yang telah dianggarkan dalam APBD, dan merupakan yang pertama sekali yang semacam ini dengan diinapkannya CJH selama tiga hari dua malam di beberapa penginapan sekitar Lubuk Sikaping yang telah disiapkan oleh panitia.

Kerjasamanya dengan jajaran Kantor Kementerian Agama khususnya seksi Penyelenggara Haji dan Umrah menggelar kegiatan semacam itu, dikatakan sebagai upaya memantapkan ilmu agar CJH mampu melakukan ibadah dengan lancar, baik dan sukses seluruh rangkaian perjalanan ibadah di tanah suci.

“Ada dua tahapan pembekalan yang kita selenggarakan, seperti kali ini dan pada tanggal 14-16 agustus mendatang CJH mengikuti praktek yang akan dibimbing oleh tutor-tutor baik dari dalam juga luar daerah,” imbuhnya.

Secara resmi Bupati Pasaman H.Benny Utama didampingi Kepala Kankemenag H. Abdel Haq, S.Ag membuka acara seraya berharap agar para calon tamu-tamu Allah dapat menunaikan ibadah haji dan umrah dengan lancar dan meraih kemabruran. Bupati mengingatkan CJH untuk menjaga kesehatan, istirahat yag cukup, pola makan yang teratur juga melakukan persiapan-persiapan lainnya termasuk ilmu ibadah. Karena ibadah haji membutuhkan kekuatan fisik dan mental yang baik agar dapat menyelesaikan seluruh rangkaian yang telah disyariatkan oleh Islam.

H.Abdel Haq menambahkan, haji yang mabrur bukanlah hal yang mudah didapat karena bergantung pada niat dan pribadi CJH itu sendiri. Haji mabrur akan terlihat dari prilaku kehidupan sehari-hari ketika ibadah telah ditunaikan.

Sementara panitia pelaksana Afdal Ahmad menginformasikan manasik massal ini diikuti 138 peserta selama tiga hari dua malam diinapkan disejumlah wisma Lubuk Sikaping dan dibimbing oleh para praktisi haji dari dalam dan luar daerah semisal Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumbar H. Syamsuir, Msi dan pembina haji provinsi H. Diflaizar (abie78/nedi MT)

RELATED POST
CONNECT & FOLLOW